5 Cara Mengambil Data Dari Dapodik Ke Dalam Aplikasi Erapor SMP Tahun 2019/2020


Program erapor bagi tahapan Sekolah Menengah Pertama terbaru yang saat ini dipakai ialah erapor versi 2.0 dan jadwal erapor tersebut telah terintegrasi dengan jadwal dapodik versi 2020 sehingga saat sobat memakai jadwal erapor versi 2.0 akibatnya sobat sanggup dengan praktis mengambil atau memindahkan data-data yang terdapat di pada jadwal dapodik versi 2020 supaya sanggup secara otomatis masuk kedalam jadwal erapor.


Untuk sekolah yang tahun-tahun sebelumnya telah memakai jadwal erapor versi usang menyerupai versi 1.2 akibatnya sanggup seketika mengerjakan update ke jadwal erapor versi 2.0 namun untuk sobat yang sekolahnya belum pernah memakai jadwal erapor sebelumnya akibatnya di sarankan bagi seketika mengunduh dan memakai jadwal erapor versi 2.0

Di artikel saya sebelumnya saya telah banyak membahas mengenai duduk perkara erapor dan membagikan jadwal terbarunya sehinnga untuk sobat yang membutuhkannya akibatnya sobat sanggup memperoleh informasinya via postingan saya sebelumnya yang terdapat di blog filependidikan.informasi




Program erapor dirancang bagi mempermudah pihak sekolah pada mengerjakan pengolahan nilai. Seperti yang kita ketahui bahwa di kurikulum 2013 berbagai aspek yang mesti dinilai dari setiap akseptor didik mulai dari aspek evaluasi sikap, evaluasi pengetahuan dan evaluasi keterampilan. Di jadwal erapor akibatnya setiap pengajar tinggal mengisi kolom nilai sesuai dengan hasil yang telah di peroleh akseptor didik pada setiap kompetensi fundamental yang mencakup nilai harian, nilai tengah semester dan nilai ahir semester. Bagi sanggup menghasilkan nilai ahir akibatnya jadwal erapor telah memiliki rumus tersendiri yang nantinya seluruh nilai akan terakumulasi sesuai dengan pengaturan yang terdapat di pada jadwal tersebut sehingga pengajar hanya perlu mengerjakan penginputan nilai saja tanpa lagi mesti membangun rumus.


Untuk sobat yang sekolahnya gres pertama-tama kali memakai jadwal erapor, akibatnya pastinya masih agak gundah pada menggunakannya, namun jikalau sobat telah membaca buku panduan pemakaian erapor akibatnya pastinya lambat laun sobat akan paham cara bagi memakai jadwal erapor tersebut.

Buku panduan erapor telah saya mengembangkan di artikel sebelumnya dan bagi mendapatkannya sobat sanggup mencarinya di postingan terdahulu.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa jadwal erapor versi 2.0 telah terintegrasi dengan jadwal dapodik versi 2020 sehingga jikalau sobat membutuhkan data anggun berupa data pengajar, data akseptor didik, data pembelajaran, serta data lainnya yang berafiliasi dengan penginputan erapor akibatnya sobat sanggup dengan praktis mengambil data tersebut supaya sanggup seketika masuk kedalam jadwal erapor.


Di postingan ini, saya akan menawarkan klarifikasi mengenai bagaimana cara bagi sanggup mengambil data dapodik supaya sanggup di masukkan ke pada jadwal erapor.



Berikut ini klarifikasi mengenai 5 cara menarik data dapodik kedalam jadwal erapor :

1.   Silahkan sobat unduh jadwal erapor versi 2.0 atau jadwal updater versi 2.0 untuk yang telah memakai erapor sebelumnya

2.   Install jadwal erapor tersebut dan jangan lupa bahwa jadwal dapodik pun telah mesti terinstal di laptop yang sobat gunakan bagi menginstal erapor

3.   Silahkan sobat login dengan memakai akun “ADMIN” dan gunakan nama penguna selaku “admin” dengan  kata sandinya yakni “admin123456” bagi sanggup login memakai akun admin

4.   Di dashboard sebelah kiri jadwal erapor terdapat beberapa fitur, dan silahkan sobat pilih fitur “Ambil Data Dapodik”

5.   Setelah itu akan tampil beberapa jenis data yang mesti sobat Tarik dari dapodik supaya sanggup di gunakan di jadwal erapor.

Caranya ialah silahkan sobat klik goresan pena “syncron data sekolah” , “syncron data semester” , “syncron data jadwal pendidikan” , “syncron data mapel” , “syncron data pengajar” , “syncron data pelajar” , “syncron data rombel” , “syncron data anggota kelas” , “syncron data pembelajaran”  atau bagi lebih mudahnya sobat sanggup lansung mengerjakan semuanya hanya dengan satu klik saja ialah dengan mengklik ““syncron seluruh data” yang terdapat di bab ujung sebelah kanan.


Apabila sobat telah berhasil mengerjakan proses penarikan data tersebut akibatnya secara otomatis seluruh data yang telah di Tarik dari dapodik akan secara otomatis masuk kedalam jadwal erapor. Apabila masih ada data yang ingin sobat rubah di pada jadwal dapodik akibatnya bagi sanggup mengambil data terbarunya akibatnya sobat mesti mengerjakan syncronisasi dapodik terlebih dahulu supaya perubahan data tersebut sanggup masuk kedalam jadwal erapor saat sobat akan menarik data dari dapodik.


Dan perlu sobat ketahui bahwa apabila sebelumnya sobat telah memakai jadwal erapor di tahun pembelajaran 2018/2019 akibatnya sobat tak sanggup seketika bagi sanggup melihat alternatif semester yang berlaku saat ini saat pertama-tama kali login ke jadwal erapor sebelum sobat menarik data terlebih dahulu dari jadwal dapodik lalu logout dari jadwal erapor dan berikutnya silahkan sobat login kembali supaya sobat sanggup melihat alternatif semester sesuai dengan semester saat ini.


Demikianlah klarifikasi mengenai cara praktis bagi sanggup mengambil data dari jadwal dapodik supaya sanggup masuk ke jadwal erapor, semoga via postingan ini sobat yang gres saja memakai erapor sanggup praktis pada memahaminya.


Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019