Panduan Mengerjakan e-Rapor SD Versi Terbaru

– Unduh Buku Panduan Cara Mengerjakan e-Raport SD Tahun 2019/2020.


e-Raport yaitu sebuah sebuah kegiatan yang di rancang bagi mempermudah sekolah yang pada hal ini guru-guru dan wali kelas pada mengerjakan penginputan nilai peserta didik sehingga sanggup menghasilkan sebuah buku report hasil evaluasi yang secara otomatis sanggup seketika di printout dan dibagikan kepada masing-masing peserta didik. Buku report hasil evaluasi peserta didik tersebut menjadi sebuah hasil ahir yang mesti di ketahui oleh masing-masing peserta didik dan orang renta peserta didik selaku bukti hasil pencapaian anaknya dalam rentang waktu mengikuti proses pembelajaran di sekolah.


Ketika ini di kurikulum 2013 terdapat beberapa aspek evaluasi yang menjadi fundamental kenaikan kelas oleh masing-masing peserta didik. Program erapor di rancang dan di sesuaikan dengan keperluan sekolah sehingga pastinya telah sejalan dengan kurikulum yang berlaku dikala ini yaitu sesuai dengan kurikulum 2013.

Program erapor benar-benar simpel bagi di gunakan dan pastinya akan benar-benar menghemat waktu pada pengerjaannya serta sanggup dikerjakan secara bersamaan. Untuk sekolah yang telah memakai kegiatan erapor khususnya di tahapan SD balasannya pastinya telah mencicipi manfaat dari pemakaian kegiatan erapor SD. 

Panduan

Hingga dikala ini masih banyak sekolah tahapan SD yang belum memakai kegiatan erapor dan hanya beberapa sekolah saja yang telah menggunakannya. Hal tersebut di sebabkan kurangnya sosialisasi oleh pihak dinas Pendidikan setempat, padahal pihak pengembang erapor sentra telah menyediakan kegiatan erapor SD tersebut bagi sanggup di gunakan oleh setiap sekolah SD. Selain itu faktor lain yang mengakibatkan masih banyaknya sekolah SD yang belum memakai kegiatan erapor di sebabkan lantaran banyak sekolah yang belum mengetahui jika telah ada kegiatan erapor tahapan SD yang di gunakan sehingga sekolah hanya memakai kegiatan manual pada mengerjakan proses evaluasi bagi merancang raport yang dengan kurikulum 2013.


Di postingan sebelumnya saya telah membagikan kegiatan erapor SD yang mana di pada postingan tersebut saya bahkan menyediakan 2 jenis kegiatan erapor SD yaitu kegiatan erapor SD versi 1.0 dan yang terbaru yaitu kegiatan erapor SD versi 1.0.3. Jikalau sahabat belum memilikinya silahkan klik DISINI. Program erapor tersebut telah terintegrasi dengan kegiatan dapodik sehingga data-data pembelajaran , data pengajar, data rombel, data peserta didik dan data data lainnya yang menunjang proses progres erapor sanggup seketika secara otomatis di Tarik dari pada kegiatan dapodik dan seketika sanggup masuk ke pada kegiatan erapor yakni via proses syncronisasi. Selain itu manfaat yang sanggup di peroleh jika sekolah memakai kegiatan erapor yaitu sekolah tak perlu lagi mengerjakan penginputan nilai secara manual ke pada kegiatan dapodik lantaran jika sekolah sahabat telah memakai kegiatan erapor balasannya sahabat sanggup seketika mengirimkan data nilai yang telah di isi di pada kegiatan erapor ke kegiatan dapodik via proses syncronisasi.


Di kesempatan kali ini dan via postingan ini, saya akan membagikan buku panduan pada mengerjakan kegiatan erapor SD yang di pada buku penduan tersebut telah di jelaskan mengenai langkah awal pada mengerjakan penginstalan kegiatan erapor sampai seni administrasi pada memakai kegiatan erapor SD pada mengerjakan proses penginputan nilai peserta didik ke pada kegiatan erapor SD. Buku panduan cara mengerjakan erapor SD ini saya menyebarkan secara tidak dipungut bayaran dengan tujuan bagi menolong bapak dan ibu pengajar serta operator sekolah pada memahami cara dan seni administrasi pada memakai kegiatan erapor SD. Program erapor SD ini sanggup di gunakan meskipun tak terhubung dengan jaringan internet (online) melainkan sanggup di kerjakan secara offline atau tanpa jaringan internet.


Jikalau di sekolah sahabat telah mempunyai laboratorium Komputer atau minimal mempunyai beberapa Komputer balasannya sahabat sanggup memakai trik mengerjakan erapor dengan memakai jaringan LAN yang tanpa terhubung internet. Cara tersebut akan benar-benar mempermudah sekolah pada mengerjakan penginputan nilai lantaran sanggup dilakukan secara Bersama-sama oleh masing-masing pengajar kelas dan pengajar bidang study serta setiap wali kelas pun sanggup seketika mengerjakan penginputan data perwaliannya secara bersamaan. Pada memakai kegiatan erapor pastinya mesti ada seorang ADMIN yang akan menjadi pemandu pada mengerjakan proses evaluasi di pada kegiatan erapor SD. Biasanya yang akan menjadi admin yaitu operator sekolah lantaran kegiatan erapor terhubung dengan kegiatan dapodikdasmen dan orang yang menangani kegiatan erapor haruslah orang yang pun menangani kegiatan dapodik sekolah semoga saat ada data-data yang akan di Tarik dari pada kegiatan dapodik balasannya admin sanggup dengan simpel melakukannya.


Selaku seorang admin di pada kegiatan erapor SD ada beberapa hal yang menjadi kewajiban utama seorang admin pada mengerjakan menajemen evaluasi di pada kegiatan erapor. Kewajiban tersebut antara lain yakni selaku berikut :


1.   Mengambil data-data dari Dapodik.

2.   Menjalankan Generate data user via fitur Data User.

3.   Menjalankan perubahan Password Admin.

4.   Menjalankan proses Tambah Admin (Jikalau diperlukan) yaitu via “fitur Data Administrator” –tambah Administrator.

5.   Membangun Ringkasan Nama bagi setiap Mata Pembelajaran

6.   Menjalankan Mapping Mapel Raport.

7.   Menjalankan penginputan KKM Mata Pembelajaran.

8.   Menginput Tanggal Raport (tanggal penerimaan raport sesuai kalender Pendidikan setempat)

9.   Mencetak Leger Raport sesudah seluruh nilai komplit dikirim oleh pengajar mapel dan wali kelas.

10.   Menjalankan Sinkronisasi Nilai ke Dapodik.


11.   Menjalankan Backup Data e-Raport


Untuk pengajar dan wali kelas pun mempunyai tanggung jawab masing-masing dan bagi sanggup mengerjakan login ke pada kegiatan erapor SD balasannya nantinya pengajar mata pembelajaran dan wali kelas akan di berikan username dan juga password yang akan dipakai bagi login ke akun masing-masing sehingga setiap pengajar sanggup mengerjakan evaluasi sesuai dengan mata pembelajaran yang diampunya. Adapun username dan password yang akan di gunakan bagi login kedalam kegiatan erapor balasannya nantinya adminlah yang akan memberikannya kepada setiap pengajar dan wali kelas serta pengajar dan wali kelas mempunyai hak bagi mengerjakan perubahan password jika diperlukan.


Adapun bagi seni administrasi pada mengerjakan proses evaluasi kedalam kegiatan erapor SD balasannya sahabat sanggup membaca panduan lengkapnya via buku panduan mengerjakan kegiatan erapor SD yang akan saya menyebarkan via postingan ini. Jikalau sahabat membaca secara seksama seni administrasi pada mengerjakan proses evaluasi ke pada kegiatan erapor yang terdapat di pada buku penduan pemakaian erapor SD yang akan saya menyebarkan tersebut balasannya pastinya sahabat akan mengetahui dan memahami cara penggunaannya.

Baiklah untuk sahabat yang membutuhkan buku panduan cara mengerjakan kegiatan erapor SD balasannya silahkan sahabat unduh buku panduan tersebut di bawah ini: