[ LENGKAP ] 2 Cara Cek SKTP Sertifikasi Guru Versi Terbaru


Selamat berjumpa kembali di blog File Pendidikan,

Di kesempatan kali ini saya akan membagikan panduan urgen mengenai cara terbaru pada mengecek SKTP yang akan saya berikan dengan memakai 2 cara namun kedua cara tersebut memiliki tujuan yang sama.

Dari kedua cara yang akan saya berikan tersebut sahabat sanggup menentukan salah satunya yang berdasarkan sahabat lebih simpel bagi sahabat gunakan pada mengecek status SKTP sertifikasi sahabat masing-masing.

Kedua cara yang akan saya berikan di postingan ini mengenai cara mengecek SKTP sanggup sahabat lakukan anggun memakai HP android maupun memakai laptop atau komputer.

Cara cek SKTP yang pertama-tama yaitu sanggup dilakukan dengan memakai layanan infoGTK sedangkan cara yang kedua pada mengecek SKTP yaitu dengan memakai layanan simPKB.


Untuk bapak dan ibu pengajar yang telah bersertifikasi pastinya telah mahir pada memakai akomodasi teknologi yang mana setidaknya minimal telah bisa pada mengakses internet terutama pada hal mencari isu seputar Pendidikan dan hubungannya dengan karir selaku seorang pengajar.


Namun disisi lain masih banyak pun para pengajar yang telah bersertifikasi masih mengandalkan dan mengharapkan pertolongan dari orang lain hanya bagi sanggup mengakses internet padahal seharusnya dengan jaman yang semakin modern ketika ini pengajar mesti memiliki kemampuan pada menjalankan tugasnya dengan memakai pertolongan teknologi.


Seperti hal nya bagi sanggup melihat status data sertifikasi secara online masih banyak pun pengajar yang belum mengetahui bagaimana cara bagi sanggup mengakses isu mengenai cara mengetahui apakah data sertifikasinya telah valid atau belum valid.


Operator sekolah ialah orang yang mengendalikan data – data sekolah termasuk data guru-guru di sekolah namun bukan berarti bahwa seluruh data yang telah di input oleh seorang operator sekolah akan semuanya benar alasannya ialah operator sekolah pun insan lazimnya yang tak luput dari yang Namanya kesalahan.


Artikel ini sengaja saya bikin bagi menolong bapak dan ibu pengajar khususnya yang telah bersertifikasi semoga sanggup memakai kemampuannya pada mengecek dan melihat sendiri data sertifikasinya apakah telah benar dan valid atau masih ada yang perlu di perbaiki sehingga belum valid.


Jikalau di tahun-tahun sebelumnya bagi sanggup mengakses data SKTP ( Surat Keputusan Tunjangan Profesi )  dapat dilakukan memakai link isu GTK, akhirnya Dikala ini bagi mengecek data SKTP hanya sanggup di lakukan lewat link Sim PKB yang hanya sanggup di susukan oleh pengajar yang bersangkutan. Selain pengajar yang telah bersertifikasi pengajar yang belum bersertifikasi pun sanggup mengakses link simPKB tersebut bagi melihat keakuratan data eksklusif yang berafiliasi dengan kepentingan sekolahnya masing-masing.


Baiklah bagi lebih jelasnya mengenai bagaimana cara mengecek SKTP sertifikasi apakah SKTP telah terbit atau belum untuk pengajar yang telah memiliki akta pendidik akhirnya berikut ini yaitu penjelasannya yang akan saya berikan dengan memakai 2 cara.



Hal – Hal yang perlu di persiapkan sebelum malakukan pengecekan data SKTP sertifikasi yaitu :



a. Accaount / email akun simPKB sahabat dan juga passwordnya.

b. Accaount / email akun dapodik sahabat dan juga passwordnya. ( pada hal ini silahkan sahabat minta di operator dapaodik di sekolah sahabat masing-masing )



Jikalau hal-hal tersebut telah di persiapkan akhirnya saatnya sahabat menjalankan pengecekkan dengan 2 cara menyerupai berikut ini.



CARA 1



Cara pertama-tama ini ialah cara bagi mengecek SKTP memakai login di link infoGTK.

Berikut ini penjelasannya:


  • Langkah pertama-tama silahkan sahabat kunjungi link blog bagi sanggup mengecek SKTP sahabat di link yang saya membuatkan di bawah ini 


http://info.gtk.kemdikbud.go.id/



  • Setelah itu akan tampil menyerupai di gambar di bawah ini









  • Bagi sanggup login dan melihat data SKTP sahabat akhirnya silahkan sahabat isi kolom yang terdapat, dan bagi menjalankan login sahabat sanggup melakukannya dengan 2 alternatif yaitu sanggup dengan memakai nomor NUPTK atau sanggup pun dengan memakai Account PTK yang terdapat di dapodik.


Langkah 1 (dengan memakai NUPTK)




  • Silahkan klik goresan pena NUPTK sesuai dengan tampilan gambar di bawah ini







  • Di kolom pertama-tama isi dengan nomor NUPTK, di kolom kedua isi dengan tanggal bulan dan tahun lahir sahabat, di kolom ketiga pilih dan sesuaikan dengan tahun pembelajaran ketika ini, dan kolom keempat masukkan arahan capcha yang tertulis di gambar yang telah di sediakan dan langkah terakhir klik login






Langkah 2 (dengan memakai Account PTK)



  • Silahkan klik goresan pena “Account PTK” menyerupai di tampilan gambar di bawah ini






  • Di kolom pertama-tama isi dengan email sahabat yang terdapat di dapodik, di kolom kedua isi dengan password yang terdapat di akun PTK sahabat di dapodik , di kolom ketiga pilih dan sesuaikan dengan tahun pembelajaran ketika ini, dan kolom keempat masukkan arahan capcha yang tertulis di gambar yang telah di sediakan dan langkah terakhir klik login













  • Apabila sahabat telah berhasil login, akhirnya akan terlihat menyerupai di gambar di bawah ini






  • Berikutnya silahkan sahabat pilih ” Status data kelulusan sertifikasi pendidik”







  • Setelah itu akan tampil menyerupai di gambar di bawah ini :








Apabila data sahabat telah terlihat menyerupai di gambar diatas dan telah tertulis bahwa “Telah terbit SKTP ” menyerupai yang saya lingkari di atas, akhirnya itu artinya bahwa SKTP sahabat telah di terbitkan dan sahabat tinggal menunggu pencairannya yang akan masuk lewat rekening masing-masing.








CARA 2



Cara kedua ini memiliki tujuan yang sama dengan cara yang pertama-tama hanya saja jalannya yang berbeda.

Berikut ini klarifikasi mengenai cara mengecek SKTP memakai cara login di simPKB


1. Silahkan kunjungi kawasan tinggal di bawah ini


Karenanya akan tampil menyerupai di gambar di bawah ini :





2. Setelah itu silahkan masukkan email dan kata sandi yang telah sahabat miliki di akun simPKB sahabat, lalu klik “Login”







3. Setelah itu silahkan sahabat cari fitur “Layanan Informasi GTK” lalu klik gambar fitur tersebut, menyerupai di gambar yang saya beri tanda di bawah ini






4. Setelah itu akan muncul menyerupai di gambar di bawah ini







5. Kemudian silahkan isi kolom account PTK di dapodik dengan memakai email yang sahabat miliki di kegiatan dapodik. Semacam itu pun dengan password nya silahkan sahabat isi sesuai dengan password email yang terdapat di kegiatan dapodik. 

Jikalau telah lanjutkan dengan menginputkan arahan angka yang telah di sediakan di halaman tersebut menyerupai di gambar di bawah ini, dan langkah terakhir klik “Login”







6. Apabila data sahabat telah tertulis “ VALID” menyerupai di gambar di bawah ini, akhirnya itu artinya data sahabat telah kondusif dan siap bagi sanggup mendapatkan tunjangan sertifikasi.









7. Apabila data sahabat tertulis “ BELUM VALID” menyerupai di gambar di bawah ini, akhirnya itu artinya data sahabat belum kondusif atau masih ada yang perlu bagi di perbaiki semoga data sanggup menjadi VALID.





Dan bagi melihat status SKTP sahabat akhirnya silahkan sahabat pilih fitur ” Status data kelulusan sertifikasi pendidik”, menyerupai yang terlihat di gambar di bawah ini :




Setelah itu akan tampil menyerupai di gambar di bawah ini :








Apabila data sahabat telah terlihat menyerupai di gambar diatas dan telah tertulis bahwa “Telah terbit SKTP ” menyerupai yang saya lingkari di atas, akhirnya itu artinya bahwa SKTP sahabat telah di terbitkan dan sahabat tinggal menunggu pencairannya yang akan masuk lewat rekening masing-masing.


Demikianlah panduan mengenai 2 cara terbaru cek SKTP Sertifikasi lewat simPKB maupun lewat ingoGTK tahun 2019/2020, semoga artikel kali ini sanggup bermanfaat bikin bapak dan ibu pengajar yang akan melihat data sertifikasinya.





Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019