[ LENGKAP ] Cara Tarik Peserta Didik Baru Di Dapodikdasmen Versi 2020

Selamat berjumpa kembali di blog filependidikan.informasi
Salam sejahtera bagi kita segala khususnya untuk kau yang dikala ini sedang membaca atau sedang berkunjung ke postingan ini.
Di postingan kali ini, saya akan memperlihatkan tutoril cara tarik penerima didik gres di aktivitas dapodik versi 2020.
Program dapodik versi 2020/Program dapodikdasmen versi 2020 ialah sebuah aktivitas dapodik versi terbaru yang akan di gunakan di tahun pembelajaran 2019/2020.

Selaku seorang operator sekolah menjalankan aktivitas dapodik ialah sebuah fungsi yang utama pada menginput data sekolah mulai dari data alat prasarana, data penerima didik, data kepegawaian (pengajar dan tenaga kependidikan) dan data-data sekolah lainnya.



Fungsi yang sangat berat yang mesti di hadapi oleh seorang operator sekolah pada menjalankan penginputan data yaitu saat akan memasuki tahun anutan gres dimana operator sekolah mesti menjalankan penginputan data penerima didik gres dan pun memverikasi kebenaran data yang telah di inputnya.

Setiap memasuki tahun anutan gres pastinya para pengembang aktivitas dapodik sentra selalu menjalankan perubahan dan pembaharuan aktivitas dapodik sehingga tak heran jikalau setiap tahun pembelajaran gres akhirnya aktivitas dapodik akan selalu tampil dengan versi yang terbaru.

Seperti yang kita ketahui bahwa dikala ini dimana di tahun pembelajaran gres yaitu tahun pembelajaran 2019/2020 pihak pengembang sentra telah mengeluarkan dan akan memakai aktivitas dapodik versi terbaru yaitu yang di beri nama dengan aktivitas dapodikdasmen versi 2020.

Program dapodik versi 2020 sanggup di gunakan di satuan pendidikan tahapan SD, Sekolah Menengah Pertama sampai tahapan SMA/SMK.
Dengan adanya aktivitas dapodik versi 2020 terbaru ini akhirnya pastinya akan ada pun fitur-fitur terbaru yang akan di tampilkan di aktivitas dapodikdasmen versi 2020.

Di postingan kali ini saya bukan ingin membahas mengenai aktivitas dapodik versi 2020 namun akan lebih membahas mengenai bagaimana cara bagi sanggup menjalankan penarikan data penerima didik gres kedalam aktivitas dapodikdasmen versi 2020.

Seperti yang kita ketahui bahwa dikala ini bagi menjalankan penginputan data calon penerima didik gres ke pada aktivitas dapodik sanggup dilakukan dengan 2 cara yaitu sanggup dilakukan dengan cara tarik data penerima didik secara online dan pun sanggup di lakukan penginputan data penerima didik gres dengan cara manual dan offline.

Kedua cara tersebut memiliki manfaat yang sama namun memiliki proses cara kerja yang agak sedikit berbeda, alasannya ialah jikalau menjalankan penarikan data penerima didik gres secara online akhirnya akan lebih cepat dan membutuhkan waktu yang singkat jikalau di bandingkan dengan menjalankan penginputan data secara manual ke pada aktivitas dapodik secara ofline.

Untuk kau operator dapodik sekolah yang belum memahami mengenai cara menjalankan penarikan data penerima didik gres ke pada aktivitas dapodikdasmen versi terbaru akhirnya di postingan kali ini saya akan memperlihatkan panduan yang akan saya lengkapi dengan gambar mengenai bagaimana alur atau cara bagi menjalankan tarik data PD ke pada aktivitas dapodikdasmen versi 2020 secara online.

Berikut ini penjelasannya :




Sehingga akan tampil ibarat di gambar di bawah ini :






  • Langkah kedua yaitu kau mesti login memakai fitur pengaturan dapodik sekolah.


Bagi menjalankan login di fitur pengaturan dapodik sekolah, kau sanggup melakukannya dengan cara berikut :

Silahkan kau klik tulisan login dan pilih “pengaturan sekolah” ibarat di gambar di bawah






  • Kemudian akan tampil ibarat di gambar di bawah, bagi menjalankan login pengaturan silahkan masukkan “username” dan “password” di kolom yang terdapat dengan memakai username dan password dapodik kau kemudian silahkan lanjutkan dengan mengklik goresan pena “mengatur data sekolah”.







  • Setelah itu akan muncul gambar isu akun ibarat di gambar berikut, dan lanjutkan dengan mengklik goresan pena “ mengatur data utama”







  • Kemudian akan muncul tampilan berikut dan klik fitur “ penerima didik” bagi menjalankan proses penarikan data penerima didik baru







  • Setelah itu klik goresan pena “tambah penerima didik” ibarat di gambar di bawah







  • Karenanya akan muncul tampilan ibarat di gambar di bawah.





Bagi menjalankan proses tarik penerima didik gres akhirnya isilah kolom-kolom yang telah di sediakan sesuai dengan daerah tinggal sekolah asal daerah penerima didik yang akan di tarik tersebut.



Selaku isu berikut ini sekilas penjelasannya:



  • Di kolom alternatif “sumber data” silahkan pilih sesuai dengan jenis penerima didik yang akan di tarik.Apakah penerima didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang memakai aktivitas dapodik di sekolahnya atau penerima didik tersebut berasal dari sekolah yang tak memakai aktivitas dapodik di sekolahnya.







  • Sekiranya penerima didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang memakai aktivitas dapodik akhirnya silahkan pilih “ TARIK PD DAPODIK” namun jikalau penerima didik yang akan di tarik tersebut berasal dari sekolah yang tak memakai aktivitas dapodik akhirnya silahkan pilih “TAMBAH PD DI LUAR DAPODIK”



  1. Di alternatif “propinsi” : silahkan isi sesuai dengan propinsi daerah sekolah asal penerima didik yang akan di tarik

  2. Di alternatif “kabupaten” : silahkan isi sesuai dengan kabupaten daerah sekolah asal penerima didik yang akan di tarik

  3. Di alternatif “kecamatan” : silahkan isi sesuai dengan kecamatan daerah sekolah asal penerima didik yang akan di tarik

  4. Di alternatif “sekolah asal” : silahkan isi sesuai dengan nama sekolah asal daerah penerima didik yang akan di tarik datanya

  5. Di alternatif “tahun lulus” : silahkan isi sesuai dengan tahun kelulusan penerima didik tersebut




  • Sekiranya segala alternatif tersebut telah diisi degan benar, akhirnya silahkan lanjutkan dengan mengklik tulisan “Tampilkan” dengan tujuan supaya seluruh nama-nama penerima didik yang akan di tarik dari sekolah tersebut muncul dan terlihat.


Selaku misalnya berikut ini tampilan nama-nama pelajar yang siap bagi dilakukan penarikan datanya ke pada aktivitas dapodik versi 2020.




Bagi menentukan nama-nama pelajar yang sesuai dengan daftar PPDB yang akan di tarik ke pada aktivitas dapodik 2020 akhirnya silahkan kau ceklis satu persatu nama-nama pelajar yang akan di tarik tersebut kemudian jikalau segala nama-nama penerima didik telah di pilih akhirnya langkah terakhir silahkan klik “ SIMPAN”.





Perlu di ingat bahwa jikalau seluruh proses penarikan data tersebut telah dilakukan dengan benar data yang telah di tarik tersebut tak seketika masuk kedalam aktivitas dapodik 2020, alasannya ialah bagi sanggup memasukkan nama-nama penerima didik tersebut akhirnya kau mesti terlebih dahulu menjalankan syncronisasi dapodik.



Sekiranya kau telah berhasil menjalankan syncronisasi dapodikdasmen versi 2020 akhirnya secara otomatis nama-nama penerima didik yang telah kau tarik tadi akan masuk kedalam aktivitas dapodikdasmen versi 2020.


Semoga dengan panduan di atas kau sanggup memahami dengan simpel mengenai cara menjalankan tarik data penerima didik gres ke pada aktivitas dapodikdasmen versi 2020.

Demikianlah panduan mengenai cara menjalankan tarik data penerima didik gres memakai aktivitas dapodikdasmen versi 2020 secara online,  semoga postingan kali ini sanggup bermanfaat bikin kau para operator dapodik yang membutuhkannya.

Apabila kau masih membutuhkan isu lainnya seputar aktivitas dapodik akhirnya silahkan kau kunjungi blog filependidikan.informasi, alasannya ialah di pada blog tersebut telah banyak di ulas seputar aktivitas dapodikdasmen dan cara penggunaannya.


Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019