[ PERSIAPAN ] Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020



Selamat berjumpa kembali di blog filependidikan.info

Untuk sobat yang dikala ini bekerja selaku seorang operator dapodik, hasilnya pastinya sobat amat menanti-nantikan lahirnya atau rilisnya kegiatan dapodikdasmen versi 2020 yang akan di gunakan di tahun pembelajaran 2019/2020.


Hal yang sangat di nantikan oleh operator dapodik sekolah saat kegiatan dapodik versi 2020 di rilis, adalah bagi sanggup mengerjakan unduh kegiatan dapodikdasmen versi 2020 di laptop operator dapodik masing-masing supaya sanggup menjalankan dan melihat perubahan gres apa saja yang akan di tampilkan di kegiatan dapodik terbaru versi 2020.







Namun untuk sobat yang telah tak sabar bagi menantikan rilisnya kegiatan dapodikdasmen dan ingin segera mengunduh kegiatan dapodikdasmen versi 2020 hasilnya silahkan sobat terlebih dahulu menyiapkan seluruh dokumen/data yang nantinya akan di gunakan bagi di input ke pada kegiatan dapodikdasmen versi 2020 tersebut.



Adapun Data-data yang mesti sobat perhatikan dan sobat persiapkan diantaranya yakni selaku berikut :





  • Data Alat Prasarana



  • Data Peserta Didik



  • Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan




Seperti yang gres saja di informasikan oleh admin dapodikdasmen via laman web http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id adalah mengenai Persiapan Dokumen dan Data bagi Program Dapodikdasmen Versi 2020, hasilnya untuk sobat operator dapodik sekolah mulai dari tingkatan SD, Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK supaya di harapkan bagi memperhatikan warta tersebut serta membaca secara seksama warta tersebut supaya saat nantinya kegiatan dapodikdasmen versi 2020 telah rilis dan sanggup di unduh, hasilnya sobat telah memiliki pegangan pada memahami mekanisme yang akan di lalui pada memakai kegiatan dapodikdasmen versi 2020.


Bagi lebih jelasnya mengenai warta Persiapan Dokumen dan Data bagi Program Dapodikdasmen Versi 2020, hasilnya berikut ini penjelasannya :


Program Dapodikdasmen Versi 2020 dikala ini sedang pada tahap pengujian, dan direncanakan akan dirilis di awal Agustus 2019. Terdapat beberapa pembaruan yang tidak mengecewakan besar di versi gres ini. 

Berikut ini warta terkait beberapa pembaruan yang dimaksud:


A. SARANA PRASARANA


Seiring pemanfaatan data Alat dan Prasarana (Sarpras) bagi kegiatan pendidikan, keperluan warta Sarpras semakin berkembang. Pembaruan data Sarpras diinginkan sanggup mendukung penilaian dan perumusan kebijakan serta transaksional yang memakai data Sarpras. Pembaruan di data Sarpras ini sangat signifikan. Data Sarpras akan lebih dirinci dan dibagi pada tiga submenu, yaitu:


1. Tanah bangunan


Pendataan Sarpras yang sebelumnya mendata ruangan-ruangan yang terdapat di sekolah sekarang akan lebih berkembang. Sekolah diinginkan sanggup memperlihatkan warta pemanis berupa data tanah serta bangunan yang dipakai oleh ruangan tersebut.


      Tanah


Data tanah yang sebelumya ada di fitur sekolah, sekarang akan berpindah di fitur Sarpras. Selain data luas tanah yang telah diisi sebelumnya, warta terkait tanah diinginkan sanggup mengandung ukuran serta dokumen kepemilikan.


      Bangunan


Data bangunan akan dikelompokkan berdasarkan lokasi tanah. Di data bangunan diinginkan sanggup mengandung warta jumlah lantai di sebuah bangunan, kepemilikan, serta ukuran setiap komponen bangunan.



2. Ruang


Fitur Ruang mengandung data prasarana di kegiatan versi sebelumnya. Di fitur ruang data akan dikelompokkan menjadi beberapa ruang utama dan ruang penunjang. Data ruang akan terhubung dengan data bangunan, dimana diinginkan akan diketahui bersama jumlah ruangan di sebuah bangunan. Selain warta kondisi ruang, warta pemanis yang diinginkan diisi dari sekolah yakni ukuran dari setiap komponen bangunan.


3. Alat, Angkutan dan Buku


Fitur ini berisi data alat yang dikelompokkan menjadi 3 komponen utama yaitu:


      Alat


Fitur alat berisi data peralatan pendidikan yang berada di setiap ruang. Data ini dikelompokkan berdasarkan jenis alat dan diinginkan diketahui bersama berapa jumlah dan kondisi alat di setiap ruang.


      Angkutan


Pembaruan data alat salah satunya adalah pendataan data angkutan. Data angkutan berisi data kendaraan-kendaraan yang dipakai bagi operasional sekolah. Informasi yang diminta yakni berupa jenis angkutan serta kepemilikan dan dokumen kendaraan.


      Buku


Referensi buku manis jenis buku teks dan buku non-teks semakin diperkaya. Sekolah diinginkan sanggup mengisi dengan komplit warta buku, jumlah, status kelaikan serta lokasi buku berada.



B. PESERTA DIDIK


Pembaruan berikutnya di fitur Peserta Didik, adalah ada penambahan atribut gres dan mengingatkan kembali warta terkait mekanisme mutasi dan kelulusan.


1. Nomor Kartu Keluarga (KK)


Sekolah bagi segera mengerjakan sosialisasi supaya penerima didik mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).


2. Peserta Didik Tak Lulus


Sesuai warta sebelumnya bahwa proses kelulusan bagi penerima didik tingkat ahir, adalah kelas 6, 9 dan 12 akan dilakukan oleh Admin Dapodik Pusat secara otomatis oleh aplikasi. Untuk penerima didik yang tak lulus, mekanisme yang mesti dilakukan oleh sekolah adalah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan bagi membatalkan status kelulusan data penerima didik yang tak lulus tersebut via Pengaturan Dapodikdasmen bagi Dinas Pendidikan.


3. Peserta Didik Mutasi


Bagi penerima didik yang mutasi ke sekolah lain di semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020 ini, proses mutasi di Dapodik dilakukan sehabis Program Dapodikdasmen versi 2020 dirilis dan telah mengerjakan sinkronisasi dengan versi gres tersebut. Hal ini dilakukan bagi mempermudah proses pengklasifikasian pelajar mutasi ke pada rombel.



C. GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (GTK)


Pembaruan berikutnya yakni di fitur GTK, adalah adanya penambahan atribut gres berupa:


1. Nomor Kartu Keluarga (KK)


Sekolah bagi segera mengerjakan sosialisasi supaya GTK mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).


2. Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS)


Penambahan atribut nomor KK dan NUKS ini dilakukan bagi mengakomodasikan keperluan para pemangku kepentingan bagi mengerjakan evaluasi, training GTK serta perumusan kebijakan serta mendukung transaksional GTK dengan data Dapodik.



Via warta tersebut hasilnya di harapkan untuk Setiap satuan pendidikan sanggup menyiapkan dokumen-dokumen dan data yang diharapkan bagi berikutnya diinput oleh petugas pendataan ( yang di tunjuk selaku operator dapodik di sekolah masing-masing ) bagi kelancaran proses pendataan.



Semoga dengan warta tersebut hasilnya untuk sobat yang di beri kewajiban pada menginput data di kegiatan dapodik sekolah sanggup benar-benar memahami maksud dan tujuan dari warta tersebut serta yang tak kalah pentingnya supaya sobat sanggup menjaga medis dengan manis sehingga saat kegiatan dapodikdasmen telah sanggup di rilis dan di unduh nantinya, hasilnya sobat sanggup mengerjakannya dengan manis dan pada keadaan yang sehat.



Sekianlah yang sanggup saya berikan via postingan kali ini, semoga postingan ini sanggup menolong sobat para operator dapodik sekolah bagi memahami apa-apa saja yang perlu di persiapkan pada menyambut kelahiran kegiatan dapodikdasmen versi 2020 nantinya.


Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019