12 Langkah – Langkah Pembuatan LKPD Pada Pembelajaran K13

Jikalau kau beraktifitas selaku seorang pengajar pastinya kau pernah mendengar mengenai LKPD atau yang sering di sebut dengan lembar kerja akseptor didik. LKPD yaitu diantara media yang amat urgen pada pembelajaran kurikulum 2013.



Di kurikulum 2013 ada banyak media pembelajaran yang sanggup di manfaatkan oleh seorang pengajar pada acara pembelajaran, salah satunya yakni media LKPD yang sanggup merancang akseptor didik menjadi aktif pada bekerja sama dan lebih memacu kreatifitas akseptor didik pada memecahkan duduk perkara yang terdapat di pada Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) tersebut.





Di artikel saya sebelumya saya telah membagikan postingan mengenai manfaat yang sanggup di peroleh untuk pengajar dan untuk akseptor didik pada memakai LKPD pada acara pembelajaran di pada kelas. Di artikel saya kali ini saya akan kembali membahas mengenai taktik yang mesti di terapkan pada perancangan atau penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ).


Kenapa LKPD itu urgen ????

Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) amat urgen alasannya yaitu dengan pembelajaran memakai Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) balasannya pembelajaran sanggup menjadi lebih efisien. Selain itu pembelajaran menjadi lebih terpusat kepada pelajar sehingga pengajar pada hal ini hanya selaku fasilitator dan motivator pada memakai pembelajaran yang menyenangkan untuk akseptor didik.


Pada merancang LKPD seorang pengajar mesti mengetahui taktik yang sempurna sehingga LKPD benar-benar berfungsi dengan anggun untuk akseptor didik.



Berikut ini langkah – langkah yang sanggup di terapkan pada perancangan LKPD ( Lembar Kerja Peserta Didik )



1.   Pertama-tama-tama kau mesti terlebih dahulu menyiapkan judul yang akan di tulis di LKPD tersebut, judul yang di ambil mesti sesuai dengan materi utama yang akan di ajarkan di pembelajaran nantinya.



2.   Menuliskan kompetensi fundamental yang akan di capai di pembelajaran tersebut di LKPD ( mengandung kompetensi fundamental pengetahuan dan kompetensi fundamental keterampilan )



3.   Menuliskan indikator pencampaian kompetensi ( IPK ), dimana indikator yang di tulis akan lebih anggun jikalau mengandung 2 indikator pencapaian kompetensi di masing-masing KD ( kompetensi fundamental )



4.   Menuliskan tujuan pembelajaran yang mesti di capai oleh akseptor didik pada pembelajaran dengan media LKPD.

Bagi tujuan pembelajaran mesti mengandung aspek ABCD ( audience, behavior, condition dan degree ).

Jikalau kau masih belum memahami mengenai cara merancang dan memilih tujuan pembelajaran yang anggun dan benar sesuai dengan kurikulum 2013 balasannya silahkan kau kunjungi postingan yang membahas hal tersebut di postingan saya sebelumnya, alasannya yaitu di pada blog ini saya telah banyak membahas mengenai cara memilih tujuan pembelajaran yang mengandung unsur ABCD dan juga contoh-contoh penerapannya pada Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP).



5.   Menuliskan waktu penyelesaian LKPD.

Tujuannya yakni semoga LKPD yang di kerjakan sanggup sesuai dengan waktu yang telah di tentukan sehingga akseptor didik sanggup benar-benar memajukan waktu yang telah di tetapkan.



6.   Menentukan Teknik evaluasi yang akan di gunakan pada proses proses lembar kerja akseptor didik (LKPD).



7.   Menuliskan pedoman pemakaian LKPD.

Tujuannya semoga akseptor didik sanggup memhami cara memakai dan mengerjakan acara yang terdapat di pada lember kerja akseptor didik tersebut.



8.   Menentukan alat dan materi yang akan di gunakan pada penyelesaian LKPD.

Tujuannya yakni menolong akseptor didik pada mempersiapkan alat dan materi sehingga segala peralatan yang di butuhkan pada proses LKPD nantinya sanggup terlengkapi dengan anggun sehingga proses proses LKPD sanggup lebih sempurna sasaran.



9.   Menuliskan taktik acara yang akan di kerjakan di LKPD.

Biasanya di pada LKPD akan mengandung atau berisikan beberapa acara yang mesti di selesaikan oleh akseptor didik sesuai dengan materi yang di pelajari di dikala itu dan di selesaikan sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan.

Langkah – langkah acara yang mesti di susun di pada LKPD yang akan di bikin mesti jelas, alasannya yaitu acara di pada LKPD tersebut yaitu kunci atau acara inti pada pembelajaran memakai media LKPD.

Di pada taktik acara LKPD pelajar mesti di bimbing semoga pembelajaran benar-benar berlangsung dengan anggun dan di harapkan akseptor didik sanggup memecahkan duduk perkara dengan kerja keras dan saling bekerja sama dengan bagus.



10. Mempersiapkan waktu bagi mempersentasikan proses LKPD untuk tiap-tiap kelompok.



11. Memberikan kesempatan kepada akseptor ddidik bagi menyimpulkan hasil dari pembelajaran yang telah berlangsung.



12. Pendidik menawarkan penguatan berupa umpan balik sehingga tujuan pembelajaran sanggup benar-benar tercapai.


Begitulah beberapa taktik yang sanggup di terapkan pada perancangan LKPD, apabila kau sanggup merancang Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) dengan anggun balasannya kesuksesan akseptor didik pada menggunakannya pun akan lebih bagus.

Semoga postingan yang sanggup saya sajikan di artikel kali ini sanggup menambah pengetahuan kita Bersama khususnya pada memajukan Pendidikan yang lebih berkualitas.


Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019