Arti Pembelajaran Remedial dan Pengayaan pada Kurikulum 2013



Selamat berjumpa kembali di pada blog File Pendidikan yang kali ini akan membahas sesuai dengan topik di judul artikel di atas.



Di kegiatan pembelajaran pastinya bagi sanggup mengetahui tingkat penguasaan penerima didik pada memahami materi yang di berikan akibatnya seorang pendidik perlu menunjukkan suatu penilaian yang tujuannya yaitu bagi mengukur tingkat penguasaan penerima didik pada menyerap ilmu pengetahuan yang telah di pelajarinya.





Pada pelaksanaan penilaian tak segala pelajar akan memiliki nilai yang manis ( memiliki nilai di atas nilai KKM ) alasannya ialah tingkat penguasaan konsep tiap-tiap penerima didik pastinya berbeda-beda tergantung dari harapan penerima didik tersebut bagi semangat pada belajar.


Untuk penerima didik yang memperoleh nilai yang manis atau sanggup diartikan selaku nilai yang memenuhi batas KKM tak akan memperoleh hambatan alasannya ialah sanggup dinyatakan telah tuntas pada mengikuti mata pembelajaran yang telah di ujikan namun bagaimana dengan nasib penerima didik yang belum tuntas atau belum memperoleh nilai yang memenuhi Batasan KKM yang telah di tetapkan.



Peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM di ketika mengikuti kegiatan penilaian ataupun ujian akibatnya penerima didik tersebut di nyatakan belum lulus atau belum tuntas pada penguasaan materi yang telah diajarkan di ketika itu.


Untuk pelajar atau penerima didik yang memiliki nilai di bawah nilai KKM dan dinyatakan belum tuntas akibatnya pesera didik tersebut mesti mengikuti kegiatan Pembelajaran yang di sebut dengan kegiatan pembelajaran remedial. Sedangkan untuk penerima didik yang telah dinyatakn lulus atau telah tuntas akibatnya penerima didik tersebut berhak bagi mengikuti kegiatan Pengayaan.


Mungkin di antara kalian yang ketika ini membaca artikel ini pernah mendengar mengenai kata Remedial maupun Pengayaan, namun sesungguhnya kau masih belum memahami apa yang di maksud dengan remedial dan pengayaan terebut.


Di artikel ini saya akan menunjukkan klarifikasi mengenai arti dari Remedial dan Pengayaan yang sering kita dengar di sekolah, alasannya ialah hal ini umumnya di lakukan di kegiatan-kegiatan di satuan Pendidikan (Sekolah) manis swasta maupun negeri.


Remedial ialah sebuah suatu aktivitas pembelajaran yang diperuntukkan untuk penerima didik yang belum mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh satuan Pendidikan pada tiap satu Kompetensi Basic tertentu.



Pembelajaran Remedial diberikan kepada penerima didik sehabis penerima didik tersebut diketahui bersama belum mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan.

Pembelajaran Remedial di berikan dan dilakukan bagi memenuhi keperluan/hak penerima didik.


Pada pembelajaran Remedial, Pengajar menolong penerima didik bagi memahami kesulitan berguru yang dihadapi oleh penerima didiknya sehingga tujuan pembelajaran sanggup tercapai.



Pembelajaran remedial sanggup dilakukan secara individu, berkelompok, ataupun dengan memakai sIstem Pembelajaran tutor sebaya tergantung di tingkat persentase jumlah penerima didik yang belum tuntas maupun tingkat kesulitan berguru penerima didik.


Pengayaan ialah sebuah aktivitas pembelajaran yang diberikan kepada penerima didik yang telah dinyatakan tuntas atau telah melampaui nilai ambang batas KKM. Inti dari derma pembelajaran pengayaan yaitu bagi menunjukkan penguatan bahan, pendalaman dan ekspansi dari kompetensi yang telah dipelajari.


Pengayaan diberikan kepada setiap penerima didik sehabis penerima didik tersebut diketahui bersama telah mencapai nilai ambang batas KKM. Pembelajaran pengayaan biasanya hanya diberikan sekali, tak berulang kali dari yang pembelajaran remedial.



Di pembelajaran pengayaan umumnya tak diakhiri dengan derma penilaian, alasannya ialah penerima didik telah dianggap memiliki nilai yang bagus.

Wujud pelaksanaan pembelajaran pengayaan sanggup dilakukan dengan model pembelajaran secara individu maupun berkelompok.


Demikianlah klarifikasi yang sanggup saya sajikan di postingan artikel kali ini mengenai arti dari pembelajaran Remedial dan Pembelajaran Pengayaan.

Semoga artikel ini sanggup menambah pengetahuan dan pengetahuan kau pada dunia Pendidikan.



Ahir kata jangan lupa bagi membaca artikel menarik lainnya di pada blog File Pendidikan karena di pada blog tersebut kau sanggup menemukan banyak manfaat dari postingan seputar dunia Pendidikan.



Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019