FORMAT PENYUSUNAN PERANGKAT RPP VERSI TERBARU


Untuk sobat yang bekerja selaku pendidik pastinya pernah merancang alat pembelajaran namun alat pembelajaran yang telah di bikin belum di ketahui apakah telah sesuai dengan format yang di gunakan dikala ini pada artian apakah alat tersebut telah sesuai dengan format terbaru yang yaitu hasil revisi terbaru dikala ini.


Di kesempatan kali ini saya akan membagikan format format alat pembelajaran RPP yang telah yaitu format format terbaru dari hasil revisi yang berlaku dikala ini. Dengan melihat format yang akan saya sajikan nanti akibatnya untuk sobat bapak dan ibu pendidik yang ibgin merancang alat pembelajaran RPP telah tak galau lagi alasannya di pada format yang akan saya berikan ini segala unsur yang mesti di muat pada sebuah RPP telah di lengkapi dengan point-point yang mesti termuat di pada alat RPP.


FORMAT


Memang pada merancang alat RPP sampai dikala ini tak ada format alat RPP yang baku yang sanggup di jadikan selaku patokan pada menyusun sebuah RPP alasannya unsur-unsur yang termuat di pada RPP ada kalanya mesti di sesuaikan dengan kondisi dan lingkungan daerah sobat mendidik.

Format penyusunan alat RPP yang akan saya share ini sanggup di jadikan selaku pedoman untuk bapak dan ibu pendidik yang akan merancang atau menyusun alat pembelajaran di sekolahnya masing-masing.


Pada merancang alat RPP hal-hal yang terpenting yang mesti di tulis di usahakan benar-benar sesuai dengan keadaan di sekolah tersebut dan segala yang telah di rencenakan tersebut di pada RPP sungguh benar-benar sanggup di lakukan di dikala pembelajaran berlangsung.

Hingga dikala ini masih banyak guru-guru yang masih galau pada merancang alat RPP diantara penyebabnya yaitu alasannya tak adanya format baku yang sanggup di jadikan selaku patokan pada penyusunan alat RPP. Namun dengan adanya format RPP terbaru ini kiranya bapak dan ibu pendidik yang akan merancang dan menyusun alat RPP akan terbantu sehingga sanggup merancang RPP dengan manis dan benar.


Di pada format penyusunan RPP versi terbaru ini terdiri dari beberapa item diantaranya yaitu : di item pertama-tama terdiri dari identitas sekolah yang mencakup nama sekolah, mata pembelajaran, kelas dan semester, materi utama dan alokasi waktu. Di item kedua yaitu mesti mengandung kompetensi inti yang mencakup kompetensi inti 1 (sikap spiritual), kompetensi inti 2 ( perilaku social), kompetensi inti 3 (pengetahuan), kompetensi inti 4 (keterampilan).


Di item yang ke tiga yaitu mesti mengandung kompetensi basic (KD) dan indicator pencapaian kompetensi (IPK) serta mengandung nilai huruf yang akan di gunakan atau di terapkan di pada pembelajaran di RPP tersebut.


Di item yang keempat mesti mengandung tujuan pembelajaran yang mana di pada tujuan pembelajaran tersebut mesti pun mengandung beberapa item yaitu di antaranya audience (A), behavior (B), condision (C) dan degree (D). keempat unsur tersebut wajib mesti termuat di pada tujuan pembelajaran yang akan di bikin.


Di item yang kelima yaitu mesti mengandung materi pembelajaran, yang mana di pada materi pembelajaran yang mesti termuat di pada RPP yaitu mesti ada materi pembelajaran regular yang mencakup ( fakta,konsep,prinsip dan mekanisme ), selain itu pun mesti mengandung materi pembelajaran remedial dan materi pembelajaran pengayaan.


Di item yang keenam yaitu mesti mengandung cara pembelajaran yang mana di pada cara pembelajaran ada beberapa aspek yang termuat diantaranya yaitu pendekatan, model dan model pembelajaran yang akan di gunakan di materi yang akan di ajarkan sesuai dengan RPP yang di bikin.


Di item yang keenam yaitu mesti mengandung media, alat dan materi yang akan di gunakan selaku penunjang pada proses pembelajaran nantinya. Kemudian di item yang ke tujuh yaitu mesti mengandung sumber berguru yaitu berupa materi didik cetak maupun non cetak artinya sanggup berupa buku teks maupun sumber berguru lainnya yang mungkin di ambil dari internet.


Di item yang kedelapan yaitu mesti mengandung seni administrasi pembelajaran, yang mana di pada seni administrasi pembelajaran tersebut mesti mengandung aktivitas pendahuluan, aktivitas inti dan aktivitas penutup.


Di item yang kesembilan yaitu mesti mengandung evaluasi yang mencakup Teknik evaluasi perilaku spiritual,social,pengetahuan, keterampilan,penilaian remedial dan evaluasi pengayaan. Bagi evaluasi di alat RPP mesti dilampirkan dengan instrument penilaiannya sehingga akan terlihat lebih komplit dan sesuai dengan mekanisme yang terdapat.


Bagi lebih jelasnya berikut ini tampilan dari beberapa unsur yang mesti termuat di pada penyusunan alat RPP di format versi terbaru :