Manfaat Menggunakan LKPD Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013



Pada pembelajaran kurikulum 2013 diinginkan pembelajaran terpusat di pelajar, maksudnya yakni pelajar di harapkan sanggup lebih mendominasi pada mengerjakan aktivitas pembelajaran di pada kelas. Pengajar selaku fasilitator dan motivator yang berperan urgen pada kelancaran proses pembelajaran.


Di kurikulum 2013, pengajar diinginkan bisa pada menguasai teknologi terutama pada mengakses dan membangun alat dan media pembelajaran yang dengan teknologi. Ada banyak media pembelajaran yang sanggup di manfaatkan oleh seorang pengajar pada menolong berlangsungnya proses pembelajaran.






Diantara media yang sanggup dipakai oleh pengajar pada proses pembelajaran di kelas yaitu dengan memakai media lembar kerja penerima didik atau sering di singkat dengan LKPD. Dengan memakai lembar kerja penerima didik ( LKPD ) akhirnya aktivitas pengajar pada mendidik akan betul-betul terbantu alasannya ialah didalam LKPD tersebut telah berisi kegitan-kegiatan yang sanggup membangun penerima didik kreatif dan aktif pada mengerjakan latihan-latihan dan aktivitas yang terdapat di pada LKPD tersebut.


lembar kerja penerima didik ( LKPD ) yang dibangun oleh seorang pengajar sanggup berupa panduan yang di dalamnya berisikan latihan-latihan yang terdiri dari beberapa aktivitas yang sanggup memaksimalkan aspek kognitif dan seluruh aspek pembelajaran pada hal pembelajaran kooperatif.









Menurut Trianto di bukunya tahun 2013 halaman 223 di jelaskan bahwa lembar kerja penerima didik ( LKPD ) mengandung sekumpulan aktivitas fundamental yang mesti dilakukan oleh penerima didik bagi memajukan pemahaman pada upaya pembentukan kemampuan basic sesuai indikator pencapaian hasil mencar ilmu yang mesti di tempuh. Dengan memajukan lembar kerja penerima didik ( LKPD ) akhirnya penerima didik di harapkan sanggup merampungkan kompetensi basic yang telah ditetapkan di pembelajaran tersebut sehingga tujuan pembelajaran sanggup benar-benar tercapai dengan bagus.


lembar kerja penerima didik ( LKPD ) betul-betul berperan urgen pada aktivitas pelajar terutama pada aktivitas pembelajaran kooperatif. Pada menyusun lembar kerja penerima didik ( LKPD ) pengajar pun mesti menawarkan pedoman yang terperinci pada memakai lembar kerja penerima didik ( LKPD ) tersebut sehingga penerima didik sanggup dengan praktis memahami aktivitas apa saja yang mesti di tuntaskan pada LKPD tersebut.


Selain klarifikasi di atas, manfaat lain dari pemakaian lembar kerja penerima didik ( LKPD ) yakni proses pembelajaran tak memakan waktu yang lama, alasannya ialah aktivitas pembelajaran telah terseting dengan elok sehingga seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran sanggup terselesaikan dengan sempurna waktu.


lembar kerja penerima didik ( LKPD ) pun melatih penerima didik bagi memaksimalkan aksara bahu-membahu atau kolaborasi penerima didik pada aktifitas aktivitas pembelajaran. Peserta didik pun sanggup terampil pada merampungkan kewajiban yang di berikan serta dengan lembar kerja penerima didik ( LKPD ) pelajar sanggup berani bagi tampil ke depan kelas pada mempresentasikan hasil dari kesibukan mereka masing-masing sehingga mental penerima didik sanggup terasah dan sanggup berkembang dengan elok sesuai dengan amanah yang mesti di kembangkan pada pembelajaran dengan kurikulum 2013.


Dengan menawarkan lembar kerja penerima didik ( LKPD ) pengajar pun betul-betul terbantu alasannya ialah pembelajaran tak lagi terpusat hanya kepada pengajar saja melainkan sebaliknya yaitu pembelajaran menjadi terpusat kepada penerima didik ibarat yang di harapkan mesti terjadi di pada pembelajaran kurikulum 2013.


Pengajar di harapkan sanggup menjadi fasilitator dan motivator yang sanggup membangun proses pembelajaran sanggup berlangsung dengan elok dan menyenangkan sehingga penerima didik sanggup dengan praktis berinteraksi dan tak takut pada memberikan pendapatnya di pada kelas. Selain itu pengajar pun mesti sanggup membimbing penerima didik pada mengerjakan lembar kerja penerima didik ( LKPD ) yang di berikan sehingga apa yang belum di pahami oleh penerima didik sanggup memperoleh jalan keluar dan pembelajaran sanggup di serap dan tersalurkan dengan bagus.


Demikianlah manfaat yang sanggup di peroleh untuk pengajar dan penerima didik pada memakai media lembar kerja penerima didik ( LKPD ) bagi aktivitas proses pembelajaran. Semoga artikel ini sanggup menambah pengetahuan kau pada memaksimalkan media pembelajaran yang bermanfaat untuk kemajuan pembelajaran pada dunia Pendidikan.




Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019