Cara Membuat Akun Siplah Untuk Belanja Sekolah


Selamat berjumpa kembali di blog filependidikan.info

Postingan kali ini saya akan menunjukkan klarifikasi mengenai bagaimana cara bagi sanggup membangun akun semoga sanggup di gunakan bagi menjalankan proses transaksi pembelian barang-barang sekolah yang dananya bersumber dari dana BOS.

Seperti yang kita ketahui bahwa dikala ini selain dana BOS regular sekolah pun telah menerimakan dana BOS lainnya menyerupai dana BOS Afirmasi dan dana BOS Performa meskipun tak seluruh sekolah berhak menerimakan dana bos afirmasi dan performa tersebut.


Cara





Ada beberapa sekolah yang sanggup menerimakan dana BOS Afirmasi dan dana BOS Performa yang mana kriterianya yakni sekolah yang mendapatkan dana bos afirmasi yaitu sekolah yang berada di kawasan 3T dan sekolah yang menerimakan dana bos performa yakni sekolah yang memiliki mutu Pendidikan yang bagus. Di postingan saya sebelumnya saya telah membagikan mengenai daftar nama-nama sekolah peserta dana BOS Afirmasi dan dana BOS Performa serta membagikan juknis mengenai pemakaian dana BOS Afirmasi dan dana BOS Performa sehingga untuk sobat yang membutuhkan warta tersebut hasilnya sobat sanggup melihatnya di blog File Pendidikan.bogspot.com


Setiap satuan Pendidikan pastinya memiliki pemberian dana operasional sekolah reguler yang mana dana tersebut di peruntukkan untuk sekolah pada hal memajukan Pendidikan serta memberi kesejahteraan untuk seluruh warga sekolah. Meskipun demikian ada hal-hal yang mesti di perhatikan dengan anggun khususnya pada hal pemakaian dana operasional sekolah semoga tak menyalahi hukum dan sanggup di gunakan sesuai dengan mekanisme yang benar.


Pernahkah sobat mendengar mengenai SIPLAH??? Kalau belum hasilnya berikut ini penjelasannya.

SIPLAH atau Aplikasi Informasi Pengadaan Sekolah yakni kegiatan elektronik yang sanggup dipakai oleh sekolah bagi menjalankan proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) secara daring / online yang dananya bersumber dari dana BOS. Siplah yaitu tempat bagi menjalankan proses jual beli secara online yang di rekomendasikan kepada setiap sekolah yang akan menjalankan proses pembelian barang-barang keperluan sekolah yang di atur pada pemakaian pemberian operasional sekolah.


Untuk sekolah yang akan menjalankan pembeliian lewat kegiatan siplah, hasilnya sekolah mesti terlebih dahulu membangun akun siplah semoga sanggup dipakai bagi login kedalam kegiatan siplah yang pada hal ini lewat akun tersebut hasilnya sekolah sanggup menjalankan pembelian barang bagi kebutuhan sekolah.


Cara





Perlu sobat ketahui bahwa siplah di jadikan selaku alat pengawasan seketika dari sentra oleh kemendikbud terkait dengan pemakaian dana BOS. Adapun proses jual beli lewat siplah dilakukan secara online lewat toko online market place. Selain itu pengguna yang pada hal ini selaku pelaku perjuangan dan sekolah akan menjalankan transaksi secara non tunai.


Via siplah hasilnya proses pembelian dan pengadaan barang akan lebih transparan serta sekolah sanggup menjalankan negosisasi saat akan menjalankan proses pembelian barang dan sanggup dengan simpel bagi menentukan jenis barang yang sesuai dengan keperluan sekolah.

Adapun harga barang  yang di tawarkan di kegiatan siplah memiliki jumlah harga yang bervariasi sesuai dengan jenis barang yang akan di beli. Untuk sekolah yang akan menjalankan pembelian di siplah pun sanggup menjalankan perbandingan harga dengan jenis barang yang sesuai sehingga sanggup menemukan titik temu harga yang sesuai dengan harapan.


Baiklah untuk sobat yang ingin menjalankan pembelian barang lewat siplah hasilnya sobat mesti mengetahui bagaimana cara bagi membangun akun siplah sehingga sobat sanggup menjalankan pembelian barang dengan simpel di siplah.

Di kesempatan kali ini saya akan menunjukkan panduan mengenai bagaimana cara bagi membangun akun siplah untuk sekolah semoga sanggup di gunakan bagi menjalankan login dan menjalankan proses pembelian barang sekolah sesuai keperluan sekolah masing-masing.


Perlu sobat ketahui bahwa sekolah hanya sanggup menjalankan pembelian dengan login memakai akun kepala sekolah dan akun bendahara BOS sekolah, sehingga bagi sanggup menjalankan login dan menjalankan transaksi pembelian di siplah untuk sekolah hasilnya sekolah mesti membangun akun kepala sekolah dan akun bendahara BOS sekolah lewat kegiatan dapodik.


Baiklah bagi mengetahui cara pada membangun akun kepala sekolah dan akun bendahara sekolah di kegiatan dapodik bagi di gunakan selaku akun login di siplah, hasilnya berikut ini penjelasannya :





  • Langkah pertama-tama silahkan sobat login kedalam kegiatan dapodik dengan memakai akun operator dapodik




Cara





  • Setelah itu di fitur “GTK” pilih “Pengajar” sekiranya sobat ingin membangun akun bagi kepala sekolah dan pilih “tendik” sekiranya sobat ingin membangun akun bendahara BOS dengan catatan bendahara di sekolah sobat bukan seorang pendidik. Namun sekiranya bendahara di sekolah sobat pun berstatus selaku pendidik hasilnya silahkan sobat klik fitur “Pengajar” saja





Cara



  • Setelah itu pilih diantara nama pendidik atau tenaga pendidik yang namanya terdaftar selaku kepala sekolah dan bendahara BOS bagi sanggup di buatkan akun nya, yaitu dengan cara klik nama yang bersangkutan dan plih fitur “Penugasan”





Cara





  • Setelah itu akan terbuka penugasan PTK yang bersangkutan dan padabagian bawah silahkan sobat klik fitur :Bikin/Ubah Akun PTK”





Cara





  • Bagi “username” akan secara otomatis terisi sesuai dengan email yang telah diinputkan di kolom email di data kepala sekolah dan bendahara dan di kolom “Password” silahkan sobat masukkan password anggun pada wujud angka maupun huruf.



  • Apabila password telah dimasukkan hasilnya masukkan kembali aba-aba password tersebut ke pada kolom “Konfirmasi Password” dengan tujuan bagi memverifikasi kebenaran aba-aba password yang telah sobat bikin.





Cara



  • Langkah terakhir silahkan sobat klik fitur “Simpan” yang terdapat di bab bawah.




Cara





Hingga tahapan itu berarti sobat telah berhasil membangun akun Kepala sekolah dan sekiranya ingin membangun akun bendahara BOS hasilnya caranya sama yaitu sobat tidak mengecewakan mencari nama bendahara yang bersangkutan lalu bikin akunnya sesuai dengan tahapan di atas. 



Ketika sobat telah berhasil membangun akun kepala sekolah dan akun bendahara sekolah hasilnya sobat sanggup menjalankan login ke pada kegiatan siplah.belanja.com bagi sanggup menjalankan pembelian barang-barang sekolah dengan memakai dana BOS. 



Demikainlah klarifikasi mengenai cara bagi membangun akun siplah yang pada hal ini penyusunan akun kepala sekolah dan akun bendahara sekolah bagi sanggup di gunakan selaku akun login di kegiatan siplah semoga sekolah sanggup menjalankan proses pembelian barang-barang sekolah dengan memakai dana BOS. Semoga lewat postingan ini akan bermanfaat untuk sekolah-sekolah yang belum memiliki akun siplah.


Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019