ARTI PENILAIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF



Pernahkah sahabat mendengar mengenai evaluasi yang bersifat kuantitatif dan evaluasi yang bersifat kualitatif ???

Di dasarnya kedua jenis evaluasi tersebut memang memiliki makna dan arti yang berbeda. Kedua jenis evaluasi tersebut biasanya kita sering perdebatkan di saat akan menentukan diantara dari kedua jenis evaluasi tersebut cantik di sekolah maupun di saat menyusun report pada format anjuran ataupun skripsi yang bekerjasama dengan perhitungan data.


Kedua jenis evaluasi tersebut masing – masing sanggup di gunakan pada menjalankan aktivitas evaluasi cantik di sekolah saat menawarkan nilai kepada akseptor didik pada format raport ataupun saat penyusunan skripsi yang menunutut mesti memakai system evaluasi kualitatif ataupun evaluasi kuantitatif.


ARTI



Di kesempatan kali ini dan lewat postingan ini saya akan menjelaskan mengenai arti dari evaluasi kualitatif dan evaluasi kuantitatif yang sering banyak orang sulit bagi sanggup membedakannya. Di suatu aktivitas pembinaan ataupun workshop yang membahas mengenai system evaluasi di dalamnya, kita sering mendengar istilah dari kedua jenis evaluasi ini. Penilaian kualitatif dan evaluasi kuantitatif sering sekali menjadi materi perbincangan pada pertemuan-pertemuan yang membahas mengenai Teknik evaluasi yang akan di gunakan seseorang pada mengambil keputusan hasil pendataan yang di lakukan.


Penilaian kuantitatif ialah format evaluasi yang di nyatakan ke pada sebuah angka dimana jikalau sesorang ingin memakai jenis evaluasi kuantitatif ini akibatnya format penilaiannya di berikan pada format angka misalkan 70,80,90 dan lain sebagainya.

Penilaian kuantitatif ialah format evaluasi yang sifatnya sistematis sehingga di sajikan pada sebuah angka.

Sistematis disini maksudnya yaitu suatu aktivitas atau proses yang sering di gunakan oleh banyak orang pada menjalankan suatu penelitian dimana pada penelitian itu memakai langkah – langkah yang bersifat logis, jadi evaluasi yang sistematis artinya bahwa evaluasi tersebut mesti bersifat logis.


Sedangkan evaluasi kualitatif ialah format evaluasi yang didasarkan atau dinyatakan ke pada sebuah aksara dimana jikalau seseorang memakai Teknik evaluasi kualitatif akibatnya nilai yang di berikan pada format huruf, contohnya nilai A, nilai B dan seterusnya.

Penilaian kualitatif ialah format evaluasi yang sifatnya deskriptif yang sanggup di jabarkan dan di jelaskan pada format kata-kata.


Penilain kualitatif dan penilain kuantitatif gotong royong dua buah format evaluasi yang sama-sama menawarkan maksud yang sama hanya saja format dan sifat yang di gunakan pada kedua jenis evaluasi tersebut yang agak berbeda. Meskipun demikian kedua jenis evaluasi tersebut sanggup di gunakan salah satunya atau bahkan sanggup di gunakan kedua-duanya apabila jenis penelitian atau format evaluasi yang di gunakan mengharuskan bagi memakai kedua jenis evaluasi tersebut.


Penilaian ialah hal yang benar-benar urgen pada proses pembelajaran namun pemilihan Teknik atau jenis evaluasi pun benar-benar urgen pada penggunaanya. Penilaian sering di sebut selaku suatu bab integral pada sebuah pembelajaran alasannya ialah evaluasi memiliki peranan yang benar-benar urgen pada aktivitas pembelajaran. Selain itu dengan di berikannya suatu evaluasi akibatnya kita akan sanggup mengetahui seberapa besar kemampuan yang kita miliki pada menjalankan suatu aktifitas yang membutuhkan pengetahuan sehingga kita sanggup mengukur kemampuan kita pada menekuni suatu bidang yang sedang kita geluti.


Dengan kita memahami arti dan pentingnya suatu evaluasi akibatnya kita pun mesti pun sanggup memahami mengenai pentingnya pada menentukan jenis evaluasi yang akan kita  gunakan pada aktivitas pembelajaran maupun pada menjalankan suatu aktifitas yang bekerjasama dengan pengolahan data yang menuntut kita bagi memakai jenis evaluasi yang sempurna pada pengolahan data tersebut.


Demikianlah klarifikasi yang sanggup saya paparkan mengenai arti dari evaluasi kuantitatif dan evaluasi kualitatif, biar dengan klarifikasi dari kedua jenis evaluasi ini, akibatnya sanggup menolong sahabat yang saat ini galau bagi menentukan jenis evaluasi mana yang akan sahabat gunakan pada menjalankan suatu penelitian ataupun aktivitas yang mengharuskan bagi menentukan Teknik evaluasi yang tepat.


Semoga artikel ini sanggup bermanfaat bikin sahabat yang membutuhkan isu mengenai arti dan makna dari jenis evaluasi kuantitatif dan evaluasi kualitatif.

Jangan lupa pula bagi membaca dan mencari isu menarik lainnya seputar dunia Pendidikan yang terdapat di pada blog File Pendidikan ini, alasannya ialah lewat blog File Pendidikan inilah saya selalu menyempatkan waktu bagi menulis dan menyebarkan cantik isu maupun file-file urgen yang bekerjasama dengan dunia Pendidikan.



Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019