CARA TERBARU TARIK PESERTA DIDIK PINDAHAN DI APLIKASI DAPODIK TERBARU



Untuk sebahagian orang bau tanah yang memiliki anak di dingklik sekolahan akan merasa besar hati dikala anaknya sanggup bersekolah dengan cantik di sekolah yang telah di tentukan, namun terkadang pada sebuah kehidupan pastinya ada saja duduk perkara atau hambatan pada berumah tangga sehingga terkadang banyak orang bau tanah yang mengerjakan migrasi atau perpindahan dari daerah awal ke daerah baru. Hal tersebut biasanya di sebabkan oleh faktor kegiatan ataupun faktor ekomomi pada keluarga sehingga mau tudak mau anak yang sekolah pun mesti mengikut di orang tuanya dan hasilnya mesti berpindah sekolah.


CARA



Berbicara mengenai proses perpindahan sekolah dari sekolah asal ke sekolah tujuan yang gres atau dengan kata lain di sebut dengan “ MUTASI” hal ini sering terjadi di penerima didik. Kasus pindah sekolah tersebut yaitu hal yang masuk akal dan sering terjadi pada dunia pendidikan. Namun satu hal yang perlu di ketahui bahwa mekanisme pindah sekolah pun memiliki hukum yang mesti di lengkapi sehingga proses mutasI pelajar sanggup terealisasi dengan bagus.


Dikala ini setiap sekolah pastinya telah memakai kegiatan dapodik yang yaitu kegiatan bagi penginputan data sekolah, data pendidik dan tenaga kePendidikan, data alat dan prasarana serta bagi penginputan data pelajar.


Sesuai dengan hukum yang berlaku dikala ini bahwa penerima didik yang mengerjakan mutasi dari sekolah asal menuju ke sekolah tujuan yang gres haruslah mengerjakan proses mengeluarkan data penerima didik dari kegiatan dapodik usang ( sekolah asal ) dan lalu mengerjakan penarikan data ke sekolah tujuan ( sekolah gres ). Tujuannya yakni semoga data penerima didik yang akan mutasi tersebut sanggup masuk ke kegiatan dapodik sekolah yang baru.


Bagi mengerjakan proses penarikan data penerima didik pindahan karenanya yang memiliki peranan urgen pada hal ini yakni operator sekolah. Selaku seorang operator sekolah kita mesti mengetahui bagaimana cara mengerjakan proses penarikan data penerima didik pindahan (mutasi).


Memasuki tahun 2019 proses penarikan data penerima didik pindahan telah tak lagi sanggup dilakukan memakai kegiatan dapodik melainkan mekanisme penarikan data penerima didik gres dan penerima didik pindahan telah di ganti memakai cara terbaru dan hanya sanggup dilakukan dengan cara online.


Nah, di postingan kali ini saya akan memperlihatkan klarifikasi mengenai cara mengerjakan penarikan data penerima didik pindahan yang akan saya jabarkan komplit dengan gambarnya sehingga akan mempermudah para operator sekolah pada memahaminya.



Berikut penjelasannya :


1. Pertama-tama silahkan sahabat mengunjungi domisili link di bawah ini



sehingga akan tampil menyerupai di gambar di bawah ini :


CARA


2. Kedua yaitu sahabat mesti login memakai fitur managemen dapodik sekolah.

Bagi mengerjakan login di fitur managemen dapodik sekolah, sahabat sanggup melakukannya dengan cara berikut :

Silahkan sahabat klik tulisan login dan pilih “managemen sekolah” menyerupai di gambar di bawah


CARA


3. Setelah itu akan tampil menyerupai di gambar di bawah ini, bagi mengerjakan login managemen silahkan masukkan “username” dan “password” di kolom yang terdapat dengan memakai username dan password dapodik sahabat lalu silahkan lanjutkan dengan mengklik goresan pena “mengatur data sekolah”.


CARA


4.Kemudian akan muncul gambar isu akun menyerupai di gambar berikut, dan lanjutkan dengan mengklik goresan pena “ mengatur data utama”


CARA


5. Kemudian akan muncul tampilan berikut dan klik fitur “ penerima didik” bagi mengerjakan proses penarikan data Peserta Didik Pindahan ( Mutasi )


CARA


6. Setelah itu klik goresan pena “tambah penerima didik” menyerupai di gambar di bawah


CARA


7. Kemudian lanjutkan dengan mengerjakan seni administrasi berikut ini :

    1) Klik Tulisan ” PINDAH/MUTASI”
    2) Pilih Nama Propinsi sesuai dengan propinsi daerah sekolah asal penerima didik yang akan di mutasi
    3) Pilih Nama Kabupaten sesuai dengan Kabupaten tempat sekolah asal penerima didik yang akan di mutasi
    4) Pilih Nama Kecamatan sesuai dengan Kecamatan tempat sekolah asal penerima didik yang akan di mutasi
    5) Pilih Nama Sekolah Asal peserta didik yang akan di mutasi
    6) Klik Tulisan “TAMPILKAN”



CARA




8. Setelah itu akan tampil nama-nama penerima didik yang siap bagi di tarik datanya, dan jangan lupa bagi mengisi atau menentukan kelas tujuan yang akan di tempati oleh penerima didik yang gres di tarik tersebut semoga penerima didik tersebut secara otomatis masuk ke pada rombel yang kita tentukan.


CARA



KETERANGAN :
Apabila dari seluruh data penerima didik yang telah di tampilkan tersebut ternyata nama pelajar yang akan kita tarik tersebut tak muncul, berarti di sekolah asal data penerima didik tersebut belum mengeluarkan nama pelajar tersebut di kegiatan dapodiknya. Sehingga bagi mengatasinya karenanya silahkan hubungi operator sekolah asal dan memberikan semoga nama pelajar yang akan di mutasi tersebut sanggup di keluarkan lewat kegiatan dapodik sekolah asal.

9. Apabila nama penerima didik yang di tampilkan amat banyak jumlahnya karenanya bagi mempermudah pada mencari nama pelajar yang akan di tarik datanya tersebut sanggup memakai fitur “search” dengan cara mengetikkan nama pelajar tersebut di kolom search dan lalu lanjutkan dengan mengklik “enter” di keyboard karenanya nama pelajar tersebut akan otomatis seketika di tampilkan.


CARA


10. Langkah terakhir yakni mencentang nama penerima didik yang akan di tarik datanya lalu klik goresan pena ” SIMPAN”


CARA


Apabila seluruh tahapan tersebut telah di lakukan dengan benar karenanya data penerima didik pindahan yang telah di tarik tersebut akan secara otomatis masuk ke pada kegiatan dapodik namun satu hal yang perlu di ingat bahwa data penerima didik yang barusan di tarik tersebut akan masuk sehabis sahabat mengerjakan syncronisasi di kegiatan dapodik sekolah sahabat.

Demikianlah klarifikasi mengenai cara terbaru mengerjakan penarikan data penerima didik pindahan ke pada kegiatan dapodik yang sanggup saya membuatkan di artikel ini,semoga sanggup bermanfaat.






Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019