PENJELASAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2019.C



Untuk para operator sekolah pastinya akan benar-benar menantikan rilis aktivitas dapodik terbaru yang akan di gunakan di semester ini, alasannya yaitu aktivitas dapodik versi 2019.b telah tak sanggup lagi di gunakan pada menjalankan update data atau pada hal syncronisasi data .


Seperti yang telah di jelaskan pada beberapa pemberitahuan bahwa pada waktu akrab ini akan di luncurkan aktivitas dapodik terbaru Yang akan di gunakan mulai semester 2 tahun 2019. Nama aktivitas dapodik terbaru tersebut ialah aktivitas dapodikdasmen versi 2019.c





Program dapodik versi 2019.c yaitu aktivitas dapodik terbaru yang akan mulai di gunakan di semester 2 tahun 2019. Adapun beberapa fitur yang akan di sematkan di aktivitas dapodik versi 2019.c ini memiliki beberapa perbedaan dan perubahan serta perbaikan dari aktivitas dapodik versi yang sebelumnya.


Di postingan kali ini saya hanya ingin membahas sedikit mengenai beberapa perubahan yang akan terjadi pada pemakaian aktivitas dapodik terbaru versi 2019.c namun cara penggunaanya masih tetap menyerupai dengan aktivitas dapodik versi yang sebelumnya. hanya saja ada beberapa fitur yang mesti di pahami pada penggunaanya di aktivitas dapodik terbaru versi 2019.c ini.


Berikut ini beberapa perubahan dan perbaikan yang akan berlaku di dikala rilis aktivitas dapodikdasmen versi 2019.c, diantaranya yaitu selaku berikut ;



1. Perubahan data langsung di GTK hanya sanggup di lakukan oleh GTK bersangkutan



2. Perubahan validasi pengecekan mata pembelajaran yang tak terdapat di struktur kurikulum



3. Perbaikan bugs di dikala pemilihan mata pembelajaran di pembelajaran



4. Perbaikan dan penyempurnaan web service local memakai teknologi Bearer Authentication



5. Menonaktifkan tombol proses bersama kelulusan di tingkatan Dikmen



6. Menonaktifkan tombol luluskan PD tingkat ahir di fitur rombongan belajar



7. Menonaktifkan tombol batalkan pendaftaran di fitur penerima didik keluar



8. Penguncian tombol tambah pelajar kelas 1 SD hanya sanggup di mapping di rombel tingkat 1 saja



9. Penguncian perubahan variabel jenis _kelamin, tempat_lahir, dan NIK di formulis GTK



10. Penguncian perubahan variabel jenis _kelamin, dan tempat_lahir, di penerima didik.


Untuk kau para operator sekolah hendaklah berkemas-kemas bagi menyambut kedatangan aktivitas dapodik versi 2019.c dengan cara menyiapkan seluruh persiapan yang akan di gunakan pada menjalankan penginputan data sekolah, data penerima didik data pembagian kewajiban mendidik pengajar dan data-data lainnya sehingga nantinya di dikala menjalankan penginstalan aktivitas dapodik versi 2019.c para operator sekolah telah siap pada menjalankan kewajiban barunya tersebut.


Hal urgen yang mesti di persiapkan oleh seorang operator sekolah yaitu menyiapkan data berupa SK pembagian kewajiban pengajar dan tenaga kependidikan, SK kewajiban embel-embel wakil kepala sekolah , kepala perpustakaan dan kepala laboratorium, SK kegiatan ekstrakurikuler, data penerima didik yang akan di update pada aktivitas dapodik versi 2019.c serta data-data lainnya yang benar-benar di butuhkan pada menjalankan penginputan di aktivitas dapodik nantinya.


Ada beberapa hal urgen pun yang mesti di persiapkan pada menjalankan penginputan data di aktivitas dapodik versi 2019.c yaitu di aktivitas dapodik versi 2019.c khususnya di penginputan nomor induk kependudukan di masing-masing penerima didik mesti di input pada biodata dan identitas setiap penerima didik sehingga operator sekolah hendaknya mempersiapkan data berupa kartu keluarga dari masing-masing individu penerima didik.


Selain itu hendaknya operator sekolah lebih berhati-hati pada menjalankan proses mutasi atau mengeluarkan penerima didik dari pada aktivitas dapodik versi 2019.c alasannya yaitu tak sama lagi dengan aktivitas dapodik versi sebelumnya dimana apabila kita ingin mengeluarkan diantara penerima didik dan akan mengembalikannya ke pada aktivitas dapodik masih sanggup di lakukan namun di aktivitas dapodik versi 2019.c ini hal tersebut telah tak sanggup lagi di lakukan sesuai dengan klarifikasi perubahan yang terdapat di poin nomor 7 di atas.



selain itu di point ke 10 diatas pun di jelaskan bahwa akan di lakukan Penguncian perubahan variabel jenis _kelamin, dan tempat_lahir, di biodata penerima didik, sehingga hendaknya pada menjalankan penginputan data tersebut di harapkan benar-benar sesuai dengan data aslinya sehingga tak terjadi kesalahan di jenis data penerima didik tersebut alasannya yaitu apabila terjadi kesalahan di jenis data tersebut alhasil bagi menjalankan perbaikannya hanya sanggup di lakukan dengan cara menjalankan verval PD sehingga tak lagi sanggup di ubah secara seketika via aktivitas dapodik.



Selaku epilog diinginkan kepada masing-masing operator sekolah bagi membaca baik-baik beberapa jenis perubahan dan perbaikan yang akan berlaku di aktivitas dapodikdasmen versi 2019.c di atas sehingga seluruh kewajiban pada penginputan dan pengaplikasian pada mengggunakan aktivitas dapodik versi 2019.c nantinya telah tak lagi mengalami kendala.


Demikianlah informasi yang sanggup saya membuatkan di postingan kali ini, biar penyampaian informasi ini sanggup bermanfaat untuk kau yang membutuhkannya.



Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019