CARA LOGIN APLIKASI SISPENA TERBARU UNTUK AKREDITASI SEKOLAH

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara bagi sanggup memakai Program Sispena pada rangka menjalankan pendataan sekolah dengan tujuan bagi memperoleh legalisasi sekolah.


Akreditasi pada dunia pendidikan mencakup legalisasi sekolah dan legalisasi sekolah tinggi tinggi.


Akreditasi ialah suatu pengakuan dari pemerintah kepada suatu instansi pendidikan anggun pendidikan negeri maupun pendidikan swasta. Akreditasi mesti selalu di perbaharui dalam kurun waktu 5 tahun sekali dengan tujuan bagi melihat hasil yang akan di capai dalam kurun waktu periode tersebut.


CARA



Berbicara mengenai Akreditasi pastinya kita mesti terlebih dahulu mengetahui kegiatan fundamental yang di gunakan bagi menjalankan penginputan data dan dokumen sekolah yang menjadi persyaratan utama sebelum menjalankan legalisasi sekolah atau sekolah tinggi tinggi, kegiatan tersebut namanya yakni SISPENA.


Sispena ialah sisfo penilaian legalisasi sekolah dengan web yang sanggup dipakai dengan syarat mesti terhubung memakai jaringan internet. Program sispena ini dikerjakan dan dikelola oleh Badan Akrediasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Program sispena BAN – BAP SM sanggup di kanal anggun memakai computer, ataupun android yang telah terhubung dengan jaringan internet.




Program Sispena ialah sebuah kegiatan yang sanggup di gunakan dengan banyak user. Dimana pada penggunaanya setiap user akan dibedakan menjadi 4 Level, diantaranya yakni :


 1) Level Sekolah : yaitu dipakai oleh user yang mewakili masing-masing sekolah, dimana di level ini di gunakan bagi menginput data dari pihak sekolah/madrasah serta bagi menjalankan simulasi penilaian penilaian dan lain sebagainya.


2) Level Asesor : yaitu akun yang dimiliki oleh seorang assessor, bagi mengetahui sekolah mna saja yang telah menjalankan penginputan data di kegiatan sispena yang memakai user sekolah.


3) Level BAP : yaitu akun / hak kanal yang dimiliki oleh admin BAP.


 4) Level Admin : yaitu level tertinggi di hak kanal di situs sispena, di tataran level ini seorang admin bisa mengakses seluruh isi / konten blog, termasuk menjalankan control web dan maintance web.


Pada memakai kegiatan sispena terdapat beberapa manfaat yang sanggup di peroleh yaitu antara lain :

1) Program Sispena BAN S/M dan BAP dipakai bagi menjalankan pendataan sekolah/madrasah yang hendak diakreditasi.


2) Program sispena BAN SM dan BAP dipakai bagi menjalankan pengiriman berkas-berkas / dokumen persyaratan legalisasi dengan cara online. Persyaratan berkas legalisasi tak perlu dikirim pada format hardcopy. sobat tidak mengecewakan mengunduh format yang telah disediakan kemudian mengupload via akun sekolah masing-masing di kegiatan sispena.


 3) Program sispena BAN S/M dan BAP dipakai bagi menjalankan penilaian kepada sekolah yang diakreditasi. Seluruh instrumen penilian legalisasi akan di muat didalam kegiatan sispena tersebut.


4) Program sispena BAN SM atau BAP bisa menjalankan penilaian otomatis kepada sekolah/madrasah yang di legalisasi via analisa hasil dari pengumpulan data berupa tanggapan atas pertanyaan berupa instrumen-instrumen serta dokumen-dokumen yang telah diupload pihak sekolah/madrasah.


Beberapa tahapan yang mesti dilakukan bagi menjalankan legalisasi di instansi pendidikan yaitu selaku berikut :

1) Sosialisasi dan penginputan data isisan legalisasi (DIA) pada kegiatan Sispena.


2) Penetapan sekolah / Madrasah yang akan divisitasi dan penugasan Asesor


3) mengecek kelayakan Visitasi, apabila sekolah dinamakan layak risikonya akan masuk di tahapan berikutnya namun seandainya ternyata sekolah dinyatakan tak layak risikonya aka nada pemberitahuan kepada sekolah atau madrasah yang bersangkutan.


4) visitasi ke sekolah  Madrasah.


5) validasi proses dan hasil visitasi


6) verifikasi hasil validasi dan penyusunan rekomendasi


7) Penetapan hasil dan rekomendasi Akreditasi


8) Pengumuman hasil akreditasi


9) Penerbitan akta legalisasi dan rekomendasi.


Pada rangka mengumpulkan informasi dan data mengenai sekolah yang akan di legalisasi risikonya pihak BAN-S/M telah mengeluarkan suatu kegiatan online yang di sebut dengan SISPENA. Dengan Program ini risikonya sekolah sanggup menjalankan penginputan data sesuai dengan jumlah isian dan pertanyaan yang telah di suguhkan pada kegiatan tersebut.


Untuk sobat yang memiliki sekolah dan gres akan menjalankan legalisasi risikonya sanggup menjalankan penginputan data via kegiatan sispena tersebut, namun apabila sobat belum mengetahui cara bagi login ke kegiatan sispena tersebut, risikonya di artikel ini saya akan memperlihatkan panduan komplit mengenai cara login ke kegiatan sispena bagi menjalankan legalisasi sekolah.

Berikut ini klarifikasi mengenai cara login sispena BAN SM atau BAP terbaru :



1. Buka url: bansm.kemdikbud.go.id/sispena di halaman browser.



CARA



2. Akan muncul halaman login seperti terlihat di bawah ini.



CARA



3. Selanjutnya  masukkan  user  (NPSN)  dan  password  yang  dimiliki.

Untuk password default adalah NPSN juga



CARA



4. Masukkan kode pengaman  yang muncul secara acak pada form di bawahnya. dan klik link di sini untuk mengganti kode yang muncul apabila kode tidak jelas.



CARA



5. Kalau sudah user password dan kode pengaman terisi klik “login”



CARA



6. Apabila berhasil masuk maka, Sistem akan langsung menampilkan jendela form identitas sekolah yang sebagian besar telah terisi dari data dapodik/EMIS.



CARA



7. Khusus bagi Tingkatan SMK, terdapat form isian kegiatan keahlian yang sanggup diisi lebih dari satu kegiatan keahlian.



CARA



8. Selain itu, data yang wajib diisi sekolah yakni status legalisasi terakhir, tahun legalisasi serta visi dan misi. Setelah terisi berikutnya klik “SUBMIT”



CARA



9. Berikutnya sekolah mengklik Fitur Data Isian Akreditasi atau DIA yang terdapat disamping kiri bagi memulai proses penginputan isian akreditasi.




CARA



Demikianlah panduan mengenai cara bagi sanggup login ke kegiatan sispena dan sanggup menjalankan penginputan data sekolah memakai kegiatan sispena, biar panduan ini sanggup bermanfaat bikin sobat yang sedang menjalankan kegiatan akrditasi sekolah.



Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019