DOWNLOAD PANDUAN CARA MENGGUNAKAN E-RAPOR SMA TERBARU

Program e-Raport Sekolah Menengan Atas ialah suatu kegiatan yang di keluarkan oleh direktorat pelatihan sekolah menengah atas yang tujuannya bagi di gunakan selaku kegiatan pada mengerjakan penginputan nilai dan telah terintegrasi dengan kegiatan dapodik.



Program e-Raport ini sanggup di gunakan oleh sekolah yang memakai kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. Didalam program e-Raport terdapat fitur penginputan nilai bagi versi ktsp dan pun bagi versi 2013. Selain itu kegiatan erapor pun secara otomatis sanggup seketika di gunakan bagi mengerjakan cetak raport anggun raport versi kurikulum ktsp Maupun cetak raport versi kurikulum 2013.


DOWNLOAD


Bagi program e-Raport terbaru yang di gunakan di tahapan Sekolah Menengan Atas dikala ini yaitu di beri nama program e-Raport versi 2018.e yang mana program e-Raport 2018.e ini yakni kegiatan erapor yang telah terntegrasi dengan dapodik.


Pada menjalankan Program e-Raport biasanya di tangani oleh seorang operator yang memang di khususkan oleh sekolah pada hal ini di tunjuk oleh kepala sekolah pada menangani proses penginputan nilai raport, namun bukan berarti operator tersebutlah yang mesti mengerjakan penginputan nilai seluruh pelajar melainkan kegiatan eraport ini sanggup di gunakan oleh pengajar, wali kelas, dan seorang operator selaku adminnya.

Meskipun program e-Raport telah banyak di gunakan oleh sekolah-sekolah yang telah memakai kurikulum 2013 maupun yang masih memakai kurkulum ktsp namun pada penggunaannya masih banyak pun yang belum memahami cara memakai eraport Sekolah Menengan Atas dan cara mengerjakan login bagi proses penginputan nilai anggun nilai pengetahuan penerima didik, nilai keterampilan peserta didik, nilai perilaku spritual peserta didik dan pun nilai sosial peserta didik.

Sesuai dengan judul postingan di atas risikonya di artikel kali ini saya akan memperlihatkan file berupa panduan pada mengunakan program e-Raport SMA versi terbaru yang mana di pada buku panduan pemakaian kegiatan eraport i tersebut telah di jelaskan bagimana cara login sebgai seorang admin, pengajar, wali kelas.

Didalam buku panduan pemakaian program e-Raport SMA yang akan saya membuatkan ini pun didalamnya telah di jelaskan cara mengerjakan pengaturan yang mesti di pahami oleh seorang admin e-Raport agar proses penginputan nilai yang akan dilakukan oleh seorang pengajar maupun wali kelas sanggup berjalan dengan anggun dan tanpa kendala.

Didalam buku panduan pemakaian program e-Raport SMP terdapat beberapa kewajiban dan tanggung jawab yang mesti di lakukan dan di kerjakan oleh seorang admin e-Raport diantaranya yaitu :


Kewajiban Admin selaku berikut :

1. Mengerjakan instalasi e-Raport ke pada server.

2. Mengerjakan sinkronisasi data ke dapodik.

3. Mengedit profil sekolah.

4. Memberi hak susukan kepada user pada hal ini, pengajar mata pembelajaran, wali kelas, pengajar Bimbingan dan Konseling serta penerima didik, kepala sekolah dan

orang renta pelajar.

5. Mensosialiasikan e-Raport, membagikan username dan password kepada yang bersangkutan.

6. Meringkas nama mata pembelajaran.

7. Mengklasifikasi mata pembelajaran.

8. Menyesuaikan data muatan lokal

9. Menginput kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pembelajaran.

10. Menginput data tanggal raport.

11. Mencetak raport.

12. Mengirim nilai ke dapodik.

13. Mengerjakan backup dan restore data.

14. Menginput nilai US/USBN khusus bagi kelas XII

15. Mengaktifkan dan menonaktifkan input nilai oleh pengajar

di semester berjalan

Selain kewajiban admin di buku panduan pemakaian kegiatan e-Raport pun terdapat panduan kewajiban yang mesti dilakukan dan di kerjakan oleh seorang pengajar mata pembelajaran, pengajar bimbingan konseling (BK),wali kelas,dan pun oleh pelajar diantaranya yaitu :

==> PANDUAN UNTUK GURU MATA PELAJARAN 


1. Login selaku pengajar.

2. Mengganti password.

3. Mapping KD bagi memilih KD yang diajarkan di semester 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Serta mengedit ringkasan penjelasan KD maksimal 60 karakter.

4. Menambah KD Muatan lokal (bila diperlukan).

5. Input Nilai.

6. Proses Keterangan Pelajar

7. Kirim nilai ahir.

==> PANDUAN UNTUK GURU BK


Wewenang dan Kewajiban Pengajar Bimbingan dan

Konseling

Pengajar Bimbingan dan Konseling pada hubungannya dengan e-Raport SMA, memiliki wewenang dan kewajiban selaku berikut:

1. Mengubah password sendiri.

2. Melihat detail data penerima didik.

3. Melihat hasil pengolahan nilai ahir semester dan ahir tahun.

4. Melihat grafik nilai penerima didik.

5. Melihat rekap kehadiran penerima didik.

6. Melihat dan mencetak leger.

7. Mengerjakan evaluasi perilaku spiritual dan sikap

sosial.

8. Memberikan pertimbangan kepada wali kelas

di catatan perkembangan pelajar.

9. Pengajar bimbingan dan konseling pun dapat memberikan pertimbangan kepada wali kelas berkaitan dengan evaluasi sikap.


==> PANDUAN UNTUK WALI KELAS 


Wewenang dan Kewajiban Wali Kelas / PA

Wali kelas / Pembimbing Akademik (PA) pada hubungannya dengan e-Raport SMA, memiliki wewenang dan kewajiban selaku berikut:

1. Mengubah password sendiri.

2. Modifikasi Data Pelajar (khususnya data yang tak terdapat di dapodik)

3. Input dan Cetak KRS (Khusus Penyelenggara SKS)

4. Input Kehadiran, Nilai Ekstra, Prestasi Pelajar, Catatan Wali dan Proses Keterangan Sikap Pelajar

5. Cetak Raport



==> PANDUAN UNTUK SISWA / PESERTA DIDIK
1. Login selaku pelajar / penerima didik
2. Mengubah password pelajar / penerima didik
3. Melihat data pribadi pelajar / penerima didik
4. Melihat nilai ahir semester pelajar / penerima didik
5. Melihat KHS dan ketuntasan KHS pelajar / penerima didik
6. Menginput KRS
7. Melihat grafik nilai pelajar / penerima didik
8. Melihat rekap kehadiran pelajar / penerima didik

Begitulah sedikit klarifikasi mengenai beberapa kewajiban dan tanggung jawab yang mesti dikerjakan oleh seorang admin, pengajar mapel, pengajar BK, wali kelas dan pun pelajar yang terdapat di buku panduan eraport Sekolah Menengan Atas yang akan saya membuatkan di artikel kali ini.
Baiklah untuk sobat yang membutuhkan buku panduan pemakaian kegiatan e-Raport Sekolah Menengan Atas versi terbaru silahkan bagi mendownloadnya di link unduh yang akan saya membuatkan di bawah ini :