CARA CETAK SURAT PINDAH/MUTASI SISWA DI DAPODIK VERSI 2020

Salam Satu Data,
Selamat berjumpa kembali di blog filependidikan.informasi
Di jadwal dapodikdasmen versi 2020 terdapat beberapa fitur yang sekarang penggunaannya berbeda dengan jadwal dapodik versi sebelumnya. Di jadwal dapodik versi 2020 selain memiliki tampilan yang berbeda pun terdapat beberapa fitur yang telah tak sanggup lagi di gunakan di jadwal dapodik versi 2020.



Diantara fitur yang telah tak sanggup lagi dilakukan di jadwal dapodik versi 2020 ialah fitur “CETAK SURAT MUTASI”. Dengan tak berfungsinya fitur bagi mencetak surat mutasi pelajar/peserta didik alhasil pastinya akan membangun para operator sekolah merasa kebingungan apabila akan mengerjakan cetak surat bukti mutasi pelajar/peserta didik.


Sekiranya di jadwal dapodik sebelumnya fitur bagi mencetak surat mutasi pelajar/peserta didik sanggup dengan simpel di cetak seketika di jadwal dapodik dengan catatan nama penerima didik yang akan di mutasikan telah dikeluarkan terlebih dahulu di jadwal dapodik . namun hal tersebut sekarang tak lagi sanggup dilakukan di jadwal dapodikdasmen versi 2020.

Sesungguhnya di jadwal dapodik versi 2020 pelajar yang telah pindah/mutasi bukan tak sanggup dilakukan cetak surat mutasinya melainkan hal tersebut sanggup dilakukan di jadwal dapodik 2020 dengan cara yang sedikit berbeda dari jadwal dapodik versi sebelumnya.


Perbedaan yang terjadi antara jadwal dapodik 2020 dengan jadwal dapodik versi sebelumnya di bab cetak surat mutasi pelajar ialah apabila di jadwal dapodik sebelumnya cara bagi mencetak surat mutasi pelajar sanggup dilakukan secara offline dengan cara masuk kedalam jadwal dapodik dan menentukan fitur di PD keluar kemudian seketika sanggup menentukan nama pelajar yang telah di mutasikan kemudian dengan simpel sanggup seketika mengerjakan cetak surat mutasi tersebut.


Berbeda halnya dengan jadwal dapodikdasmen versi 2020 dimana apabila kita akan mengerjakan mutasi pelajar dan mencetak surat mutasi pelajar tersebut alhasil hanya sanggup dilakukan dengan cara online dan sanggup dilakukan tanpa mesti masuk kedalam jadwal dapodik versi 2020 tetapi dengan catatan pelajar yang akan di cetak surat mutasinya telah terlebih dahulu di keluarkan dari jadwal dapodik 2020 dengan status pindah/mutasi dan dapodik telah di syncronisasi.


Untuk kau yang bertugas selaku operator dapodik dan belum mengetahui cara bagi mencetak surat bukti mutasi pelajar di jadwal dapodik versi 2020, alhasil di kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit cara bagi mengerjakan proses cetak surat mutasi pelajar di jadwal dapodik versi 2020.



Cara yang akan saya share di kesempatan kali ini akan saya sajikan komplit dengan gambar dengan tujuan supaya simpel bagi di pahami dan simpel bagi di paham.

Selaku catatan bahwa sebelum mengerjakan cetak surat mutasi pelajar di jadwal dapodik versi 2020 alhasil terlebih dahulu kau mesti telah menyiapkan paket data yang nantinya di guanakan bagi login dan mencetak surat mutasi pelajar, alasannya hal itu wajib dilakukan supaya proses cetak surat mutasi pelajar sanggup berlangsung degan tanpa hambatan.


Berikut ini cara bagi mengerjakan cetak surat mutasi pelajar di jadwal dapodikdasmen versi 2020.

1. silahkan kunjungi kawasan tinggal di bawah ini :


2. sesudah itu klik goresan pena “login” ibarat di gambar di bawah ini


3. kemudian di fitur login pilih goresan pena “pengaturan sekolah”


4. sesudah itu bagi sanggup login ke fitur pengaturan sekolah alhasil silahkan isi username dan password sesuai dengan username dan password dapodik sekolah kau kemudian klik goresan pena  “mengatur data sekolah”


5. kemudian akan muncul isu akun sekolah kau dan lanjutkan dengan mengklik goresan pena “ mengatur data utama”


6. kemudian klik goresan pena “peserta didik” yang terletak di pojok kanan atas


7. di fitur status pilih status : “keluar”


8. kemudian akan di tampilkan beberapa nama-nama pelajar yang telah dikeluarkan dari jadwal dapodik 2020 manis dengan alasan telah lulus ataupun mutasi.

Bagi mencetak surat mutasi pelajar alhasil silahkan kau pilih nama pelajar yang telah di keluarkan dengan alasan mutasi kemudian geser scroll ke samping kanan alhasil akan terlihat gambar icon print


9. berikutnya klik icon gambar print tersebut sehingga akan terbuka ibarat referensi di tampilan di bawah ini


10. bagi mengerjakan cetak alhasil silahkan klik icon printer di tampilan, dan apabila ingin sekedar menyimpannya dan belum mau mencetak alhasil kau sanggup mendownloadnya terlebih dahulu.

 – Sekiranya ingin seketika mencetak / memprint


 – Sekiranya hanya ingin menyimpan dan belum mau di print


Demikianlah cara bagi mengerjakan cetak surat mutasi pelajar di jadwal dapodik versi 2020, semoga artikel ini sanggup menolong kau yang sedang mencari isu mengenai cara mencetak surat mutasi pelajar di jadwal dapodik versi 2020 dan semoga bermanfaat.
Jangan lupa bagi selalu mengunjungi blog filependidikan.informasi apabila kau masih membutuhkan isu lainnya seputar dapodik atau seputar dunia pendidikan.


Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019