CARA MUTASI SISWA DAN MUTASI PTK DI DAPODIK VERSI 2020

Salam Satu Data.
Kewajiban selaku seorang operator dapodik sekolah memanglah betul-betul berat, sebab banyak data yang mesti di mengatur mulai dari menginput data,memperbaiki data yang salah dengan cara verval, menarik data penerima didik dan PTK pindahan,memutasikan data penerima didik dan PTK,mengupdate data alat dan prasarana sekolah serta masih banyak lagi yang lainnya yang tak sanggup saya sebutkan satu persatu.



Beberapa jenis kegiatan selaku operator sekolah yang telah saya sebutkan di atas hanyalah mewakili dari segudang kegiatan lainnya yang mesti di kerjakan oleh seorang operator sekolah. Namun mau tak mau dan suka tak suka kegiatan tersebut mesti dikerjakan dengan tulus semoga seluruh kegiatan tersebut sanggup di selesaikan dengan bagus.


Di postingan kali ini saya ingin membuatkan mengenai mekanisme dan cara bagi mengerjakan proses mutasi pelajar/peserta didik maupun mutasi pendidik atau PTK. Artikel ini sengaja saya bikin semoga operator sekolah yang belum mengetahui cara memutasikan penerima didik atau PTK sanggup mengetahui dan memahami cara memutasikan pelajar atau PTK di dapodik.


Hakekatnya cara mengerjakan mutasi pelajar atau penerima didik sama halnya dengan mutasi PTK, sebab taktik pada mengerjakan proses mutasi tersebut tidaklah berbeda  alias sama, sehingga di postingan ini saya akan menawarkan klarifikasi mengenai cara mutasi pelajar di dapodik.


Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini kegiatan dapodik telah rilis menjadi kegiatan dapodikdasmen versi 2020, namun pada tahap proses mengerjakan mutasi penerima didik masih sama dengan kegiatan dapodik-dapodik tahun sebelumnya. Hanya saja memang ada beberapa fitur pada kegiatan dapodik 2020 yang telah tak sama dengan kegiatan dapodik versi sebelumnya pada penerapan dan penggunaannya. Diantara misalnya yakni operator sekolah telah tak sanggup lagi mencetak surat mutasi pelajar memakai kegiatan dapodik versi 2020 meskipun fitur cetak surat mutasi pelajar tersebut masih ada namun pada pelaksanaannya telah tak lagi sanggup dilakukan, selain itu fitur tambah PTK dan tambah penerima didik pun telah di nonaktifkan di kegiatan dapodik 2020.


Meskipun beberapa fitur tersebut telah tak sanggup lagi dilakukan di kegiatan dapodik 2020 namun bukan berarti fungsi tersebut telah tak lagi sanggup dilakukan oleh seorang operator dapodik sebab cara tersebut masih sanggup dilakukan di kegiatan dapodik 2020 hanya saja berbeda dengan cara-cara sebelumnya.



Baiklah sesuai dengan judul postingan kali ini dimana saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara mengerjakan mutasi pelajar atau penerima didik di dapodik versi 2020. Bagi penjelasannya silahkan simak panduan di bawah ini yang akan saya lengkapi dengan gambar semoga lebih terang dan simpel di pahami.


1. Langkah pertama-tama silahkan kau login ke pada kegiatan dapodik sekolah kamu.





2. Setelah itu di dashboard dapodik silahkan pilih fitur “peserta didik” menyerupai di tampilan di bawah ini


3. Kemudian akan tampil nama-nama penerima didik, lalu pilih diantara nama penerima didik yang kau mutasikan dan lanjutkan dengan mengklik fitur “Registrasi”


 4. Kemudian akan muncul tampilan menyerupai dibawah ini


5. Bagi mengerjakan mutasi pelajar jadinya arahkan scrool ke bawah sehingga akan terlihat tampilan menyerupai di bawah ini




  • Di kolom No. 1 silahkan isi dengan alternatif “mutasi”

  • Di kolom No. 2 silahkan isi dengan tanggal,bulan dan tahun saat pelajar akan di mutasi

  • Di kolom No. 3 silahkan isi dengan alternatif “Alasan pelajar tersebut di mutasi”



Apabila seluruh kolom telah diisi dengan benar jadinya lanjutkan dengan mengklik “simpan dan tutup”

Selaku teladan penginputan lihat gambar di bawah ini




7. Bagi mengecek apakah pelajar/peserta didik tersebut telah benar-benar di mutasikan, jadinya kau sanggup mengeceknya dengan cara mengklik kembali fitur penerima didik dan pilih goresan pena “PD KELUAR”.

Apabila nama pelajar/peserta didik tersebut muncul dengan status “Mutasi” berarti penerima didik tersebut telah berhasil di mutasi.

Selaku teladan hasil mutasi pelajar sanggup dilihat di gambar di bawah ini


Utuk mengerjakan mutasi di PTK caranya sama dengan cara di atas yakni klik nama PTK yang akan di mutasi lalu ikuti taktik menyerupai di atas.



Demikianlah cara yang sanggup saya jelaskan di postingan kali ini, semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk para operator sekolah yang memerlukan warta mengenai cara mutasi pelajar dan PTK di dapodik.


Sumber http://filependidikan.info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI SAVE AS SELALU MUNCUL SAAT BUKA WORD

CARA MENGGUNAKAN ZIPGRADE

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS 11 SMA KURIKULUM 2013 REVISI 2019